Gus Fawait Tawarkan Konsep Jember Kabupaten Buah

Jumat, 18 Okt 2024 10:02 WIB
Reporter :
jatimnow.com
Gus Fawait saat berkunjung ke pembibitan durian di Kecamatan Tanggul. (Foto: Khus for jatimnow.com)

jatimnow.com - Potensi Jember ternyata sangat besar namun selama ini dinilai belum tergarap dengan maksimal. Diantaranya adalah potensi sebagai daerah penghasil buah-buahan. Untuk itu, calon bupati Muhammad Fawait berani menawarkan konsep menjadikan Jember sebagai kabupaten buah.

Hal ini diungkapkan Gus Fawait setelah berkunjung ke wilayah Tanggul, Jember, Kamis (17/10/2024) kemarin. Di tempat tersebut ada pembibitan durian yang hasilnya dikirim hingga keluar provinsi.

"Saya agak kaget karena di Jember wilayah barat ada potensi pengembangan bibit perkebunan kehutanan yang luar biasa. Ternyata, meski selama ini tidak didukung pemerintahan di Jember, bisa melakukan perdagangan. Mengirim bibit-bibit (durian) bagusnya hingga ke luar Jember hingga luar provinsi," kata Gus Fawait, Jumat (18/10/2024).

Baca juga: Gus Fawait Optimistis Raih 70 Persen Suara Emak-emak di Pilbup Jember

Sebab itu, Gus Fawait akan memberi dukungan penuh pada potensi-potensi seperti ini agar bisa menjadi lebih besar.

"Bayangkan ketika potensi ini didorong disupport bahkan difasilitasi Pemerintah Kabupaten Jember. Saya yakin usaha pembibitan seperti ini. akan semakin besar," ujar pria yang sedang menyelesaikan program doktoral di Universitas Airlangga (Unair) Surabaya ini.

Baca juga: Buntuti Kampanye Gus Fawait, Pedagang Asongan di Jember Ini Untung Banyak

Gus Fawait membeber konsepnya ke depan jika terpilih menjadi bupati Jember 2024 - 2029. Ia ingin Jember menjadi kabupaten buah. Setiap wilayah kecamatan memiliki hasil perkebunan buah khas yang jadi andalan.

\

"Jadi kedepan kita bisa kembangkan Jember sebagai pusat kabupaten buah. Contohnya, bisa kita bedakan antar kecamatan, antar wilayah. Kecamatan A kita kembangkan duku, kecamatan B kita kebangkan kelengkeng dan lain sebagainya," ungak politisi Gerindra ini.

Baca juga: Komika Jember Terharu, Hanya Gus Fawait yang Bersedia Diroasting

Sehingga kedepan, lanjut Gus Fawait, Jember mampu menjadu lumbung pangan. Dengan keberlimpahan ini, juga menjadi tambahan asupan gizi anak-anak Jember.

"Kalau itu yang terjadi, saya pikir Jember benar-benar akan menjadi lumbung pangan. Bukan hanya padi dan jagung, tapi juga buah-buahan. Dan itu saya pikir itu juga salah satu cara memenuhi kebutuhan gizi masyarakan Jember. Mencipatakan generasi yang lebih baik dibanding hari ini," pungkas Gus Fawait.

Ikuti perkembangan berita terkini Jawa Timur dan sekitarya di Aplikasi jatimnow.com!
Berita Jember

Berita Terbaru
Tretan JatimNow

Terpopuler