Bocah Disunat Lelembut, Dokter Andrologi: Tidak Perlu Sunat Lagi

Selasa, 24 Apr 2018 21:03 WIB
Reporter :
Erwin Yohanes
dr Taufiq Hidayat melakukan pemeriksaan

jatimnow.com - Bocah 4 tahun yang disunat makhluk astral atau lelembut mengundang perhatian dokter Andrologi RSUD Blambangan, dr Taufik Hidayat, untuk memantau kondisi kesehatan Muhammad Aidan Isyam Pratama.

Anak pertama pasangan suami istri Joni Albasah dan Khusnul Khotimah mengalami kejadian diluar nalar manusia itu, sekitar pukul 17.00 Wib atau sebelum maghrib, Kamis (19/4/2018).

Dokter Andrologi, Taufik Hidayat mengatakan, kunjungan ini yang kedua kalinya dilakukan. Selain fenomena ini tergolong jarang terjadi, juga tidak dapat di logikakan.

Baca juga: Cerita Penjaga Museum Kesehatan Surabaya, Pernah Dibanting Genderuwo

Baca juga: Heboh! Bocah 4 Tahun ini Disunat Makhluk Astral

Pertama, kata dokter yang juga direktur RSUD Blambangan itu menjelaskan, preputium atau kulup yang menutupi glan (kepala) penis, sakit apabila dipaksa ditarik ke belakang bagi anak usia 4 tahun hingga terjadi pembengkakan.

"Kunjungan pertama Sabtu kemarin penis Isyam bengkak tapi anehnya tidak ada bekas pemotongan atau luka sayatan dan itu janggal," kata dr Taufik di rumah Isyam, Lingkungan Kerobokan, Kelurahan Kampung Mandar, Banyuwangi, Selasa (24/4/2018).

Meskipun begitu, setelah dilakukan pemeriksaan luar hanya terdapat luka kecil akibat tertariknya preputium Isyam.

Melihat kondisi tersebut, kata dr Taufik, dirinya mengaku akan terus melakukan pemantauan terhadap kondisi bocah, yang kalau diperhatikan dari tingkah lakunya seperti anak lain seusianya.

Baca juga: Wangi Mawar Disusul Penampakan Wanita Berambut Panjang di Penghujung Maghrib

Baca juga: Bocah Disunat Makhluk Astral, ini Kata Dokter

\

"Karena sudah tidak membengkak setelah diberikan salep dan obat Isyam tidak perlu di khitan lagi. Tidak apa-apa tidak berbahaya kok. Tadi juga saya minta kepada ayahnya untuk menghubungi saya kalau ada apa-apa. Tentang siapa yang melakukan itu (menyunat, red) Wallahu a'lam," urai dr Taufik.

Sebelumnya, Muhammad Aidan Isyam Pratama (4) yang disunat oleh mahluk astral (halus), menghebohkan warga Lingkungan Kerobokan, Kelurahan Kampung Mandar, Kecamatan/ Kabupaten Banyuwangi.

Sontak, kabar tersebut menyeruak dikalangan tetangga bocah 4 tahun, yang merupakan anak pertama dari pasangan Joni Albasah dan Khusnul Khotimah itu.

Baca juga: Usai Temukan Keris, Kami Dipindah dari Lembah Kidang ke Gunung Selongkal

Reporter: Hafiluddin Ahmad

Editor: Erwin Yohanes

 

Ikuti perkembangan berita terkini Jawa Timur dan sekitarya di Aplikasi jatimnow.com!
Berita Banyuwangi

Berita Terbaru
Tretan JatimNow

Terpopuler