5 Rekomendasi Oleh-oleh Khas Sidoarjo: Nomor 3 Cocok untuk Penyuka Gurih

Kamis, 13 Jul 2023 19:12 WIB
Reporter :
Ahaddiini HM
Wader krispi. (Foto: Ahaddiini HM/jatimnow.com)

jatimnow.com - Sidoarjo sebagai salah satu kota penghasil ikan bandeng memiliki ciri khas produk pendukung olahan dari potensi sumber daya yang ada.

Sebut saja bandeng asap hingga kue bluder bandeng khas Sidoarjo. Tidak hanya itu saja, sajian pilihan oleh-oleh seperti wader krispi, ote-ote porong dan kue lumpur khas Sidoarjo dapat dijadikan referensi buah tangan ketika berkunjung ke kawan, sanak dan saudara.

Berikut 5 rekomendasi oleh-oleh khas Sidoarjo.

Baca juga: Kuliner Belalang Goreng Ambulu Jember, Gurihnya Tembus Mancanegara

Bandeng Asap

Ikan bandeng termasuk ikan hasil budidaya yang hidup di air payau. Selain olahan laut, Sidoarjo juga mengolah ikan bandeng dengan teknik pengasapan. Teknik pengasapan ini menjadikan ikan lebih tahan lama selama perjalanan sebagai oleh-oleh. Dengan pelengkap sambal kecap menjadikan bandeng asap khas Sidoarjo semakin lezat.

Bluder Bandeng Sidoarjo

Bluder Bandeng Sidoarjo adalah inovasi produk roti masa kini yang unik khas kota Sidoarjo. Roti bluder dengan isian bandeng asap tanpa duri dan bumbu racikan rahasia menciptakan perpaduan tekstur lembut roti dengan sensasi unik menggoda.

Baca juga: 7 Tempat Makan Legendaris di Surabaya yang Wajib Dicoba

Wader Krispi

Ikan wader sebagai ikan kecil hidup di sungai dan air tawar dengan panjang sekitar 10 Cm.

\

Sidoarjo mengolah ikan ini menjadi makanan gurih, renyah. Bahan utama wader krispi ini menggunakan ikan wader, tepung, dan bumbu untuk penambah rasa. Wader krispi ini cocok digunakan sebagai lauk ataupun camilan.

Kue Lumpur Bakar

Kue lumpur khas Sidoarjo ini memiliki tekstur lembut dan kenyal.Terbuat dari bahan telur ayam kampung, terigu, santan, gula, dan bahan lainnya. Bahan tersebut kemudian dicampur menjadi satu kemudian dipanggang dimasak diatas arang.

Baca juga: Lezatnya Kebab dan Kue Talam Kupang di HUT RI ke-79, Sumber Alam Khas Sidoarjo

Ote-Ote Porong

Bakwan khas Sidoarjo disebut ote-ote. Karena berasal dari Porong maka disebut dengan ote ote Porong. Makanan ringan berupa gorengan ini dibuat menggunakan campuran tepung, air garam, dan bumbu tertentu.

Sedangkan isian ote-ote menggunakan sayur, potongan daging, dan jamur tiram. Ada juga ote-ote yang dicampur potongan rumput laut.

Ikuti perkembangan berita terkini Jawa Timur dan sekitarya di Aplikasi jatimnow.com!
Berita Sidoarjo

Berita Terbaru
Tretan JatimNow

Terpopuler