Menginjak Usia 400 Tahun, Masyarakat Harus Tahu Balai Harta Peninggalan

Rabu, 02 Okt 2024 09:51 WIB
Reporter :
jatimnow.com
Balai Harta Peninggalan (BHP) Surabaya. (Foto: Humas Kemenkumham Jatim for jatimnow.com)

jatimnow.com - Balai Harta Peninggalan (BHP) adalah Unit Pelaksana Teknis yang bertanggung jawab kepada Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum (Ditjen AHU) dan secara administratif berada di bawah kantor wilayah (kanwil).

Saat ini hanya terdapat 5 BHP di seluruh Indonesia, yakni BHP Surabaya, BHP Jakarta, BHP Makassar, BHP Semarang dan BHP Medan.

Tidak banyak masyarakat yang mengetahui tugas dan fungsi BHP, meskipun usia kelembagaannya sudah menginjak usia genap 400 tahun pada 1 Oktober 2024 terhitung sejak zaman kolonial Belanda, tepatnya 1 Oktober 1624.

Baca juga: Kemenkumham Jatim: Pegawai Aktor Utama dalam Paradigma Baru Corporate University

Untuk BHP Surabaya sendiri, memiliki 5 wilayah kerja, yakni Jawa Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Utara.

Baca juga: Kakanwil Kemenkumham Jatim Komitmen Berikan Pelayanan Imigrasi Terbaik

Dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya saat ini, BHP berpedoman pada ketentuan pasal 2 dan 3 Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Nomor 7 Tahun 2021 tentang Organisasi dan Tata Kerja Balai Harta Peninggalan serta peraturan perundang-undangan lainnya yang terkait.

\

Menurut Pasal 2 Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Nomor 7 tahun 2021 tentang Organisasi dan Tata Kerja Balai Harta Peninggalan, BHP bertugas mewakili dan melaksanakan pengurusan kepentingan subjek hukum dalam rangka menjalankan putusan dan/atau penetapan pengadilan atau kepentingan demi hukum di bidang harta peninggalan dan berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Baca juga: Pemohon Pelindungan KI di Jatim Meningkat Signifikan 2023 - 2024

Sementara dalam Pasal 3, BHP secara garis besar berfungsi :
1.) Pengurusan dan penyelesaian masalah Perwalian, Pengampuan, harta kekayaan yang pemiliknya dinyatakan tidak hadir (Afwezigheid), dan harta peninggalan yang tidak terurus (Onbeheerde Nalatenschap);
2.) Pendaftaran wasiat terdaftar, pembukaan dan pembacaan surat wasiat rahasia/tertutup;
3.) Pembuatan Surat Keterangan Hak Waris (SKHW);
4.) Bertindak selaku Kurator dalam pengurusan, pemberesan dan pelaksanaan likuidasi perseroan terbatas dalam masalah Kepailitan;
5.) Penyelesaian Penatausahaan Uang Pihak Ketiga (UPK).

Ikuti perkembangan berita terkini Jawa Timur dan sekitarya di Aplikasi jatimnow.com!

Berita Terbaru
Tretan JatimNow

Terpopuler