Kapolres Malang Tanya Nikmat Keamanan, ini Jawaban Ustadz Abdul Somad

Editor: Erwin Yohanes / Reporter:

Kapolres didampingi ulama saat acara tabligh akbar.

 
 
jatimnow.com - Ribuan umat Islam di Malang menggelar salat subuh berjamaah dan tabligh akbar bersama dai kondang Ustadz Abdul Somad (UAS).
 
Usai salat subuh, dilanjutkan dengan tabligh akbar yang dipimpin oleh Ustadz Abdul Somad. Dalam momen itu, Kapolres Malang AKBP Yade Setiawan Ujung pun bertanya UAS tentang nikmat keamanan.
 
"Ada satu pertanyaan. Bagaimana pandangan Islam terkait nikmat keamanan. Karena tugas saya kebetulan berkaitan dengan keamanan ini," kata Kapolres Malang AKBP Yade Setiawan Ujung, Jumat (23/3/2018).
 
Ujung juga mengatakan, apakah betul dalam satu riwayat disebutkan, Nabi Muhammad SAW pernah mendahulukan dalam doanya tentang keamanan dibanding rezeki.
 
 
"Bahkan dibeberapa kesempatan, dalam doanya tentang keamanan dengan keimanan, keselamatan dan keislaman. Mungkin itu perlu yang saya tanyakan," tuturnya.
 
Ustadz Abdul Somad (UAS) pun menjawabnya bahwa, tujuan datangnya Nabi Muhammad SAW membawa syariat Islam. Menjaga keamanan harta. Maka diharamkan riba dan mencuri.
 
Menjaga keamanan nyawa, maka diharamkam membunuh. Menjaga keamanan kehormatan, maka diharamkan gosip.
 
Menjaga keamanan keturunan, maka diharamkan zina dan menggugurkan kandungan. Menjaga keamanan harga diri, maka diharamkan caci maki sumpah serapah.
 
"Siapakah muslim itu ya Rasullah? Muslim adalah selamat orang lain dari lidahnya dan tangannya. Aman tetangganya dari lidahnya," ujar Ustad Abdul Somad.
 
Mana yang lebih didahulukan (doa) rezeki atau keamanan, keselamatan?.
 
"Didahulukan selamat karena tidak mungkin rezeki datang kalau orang tidak menjamin keselamatan," tuturnya.
 
 
UAS menerangkan, kata Iman diambil dari tiga huruf yakni Alif, Mim, Nun. Dari kata alif, mim, nun, inilah iman. Dari kata alif mim, nun, inilah aman. Dari kata alif, mim, nun, inilah amanah.
 
Maka diungkapkanlah 'imanah illa bil amanah'-Tidak beriman orang kalau tidak menjaga amanah. Kalau menjaga amanah maka terwujudlah keamanan.
 
"Oleh sebab itulah, kita jaga keamanan ketertiban kita, maka selamatlah kita dunia akhirat. Insyaallah robbul alamin," terangnya.
 
Salat subuh berjamaah dan tabligh akbar bersama Ustadz Abdul Somad ini digelar di Perumahan Grand Permata Jinggah, Jalan Industri Dusun Mangliawan, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang.
 
Selain Kapolres Malang, juga dihadiri tokoh-tokoh lainnya seperti H Mursidi dari Pengurus Muhammadiyah Malang, Ustadz Abdullah Sholeh Hadromi, KH Abdul Wahid Ghozali, KH Rohman, Habib Jamal Assegaf, Habib Asadullah Alwi Al Idrus dan para habaib serta ulama.
 
Reporter: Jajeli Rois
Editor: Erwin Yohanes

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter