Mei 2019, Pelindo I hingga IV akan Terapkan Pelayanan Satu Data Base

Editor: Sandhi Nurhartanto / Reporter: Jajeli Rois

Jajaran manajemen Pelindo berbincang di sela-sela acara Pelindo Charity Port Run 2018 yang akan digelar pada 16 Desember nanti.

jatimnow.com - PT Pelindo I (Medan), II (Jakarta), III (Surabaya), IV (Makassar) akan menerapkan satu data base sistem pelayanan pelanggannya. Rencananya, mulai Mei 2019 sistem tersebut diberlakukan.
 
"31 Mei Tahun 2019 nanti akan diterapkan untuk semua pelayanan," kata Direktur Operasi dan Komersil PT Pelindo III Putut Sri Muljanto, Jumat (14/12/2018).
 
Di sela acara jumpa pers Port Run 2018 yang dihadiri  SVP Corporate Strategic Management PT Pelindo I Henrinaldi, Direktur Operasi PT Pelindo II Prasetiady, Direktur Keuangan Pelindo IV Yon Irawan, Putut menerangkan, data base pelanggan dijadikan satu untuk memudahkan pelayanan.
 
"Kita memberikan kemudahan kepada pelanggan. Bahwa kami ini, Pelindo I, II, III dan IV, nantinya satu data pelanggan," tuturnya.
 
Ia mencontohkan, datanya pelanggan A I di Pelindo I, A II di Pelindo II, A III di Pelindo III dan A IV di Pelindo IV.
 
"Ke depan bukan seperti itu lagi. Nantinya, hanya satu data pelanggan yang masuk di data base yang dipakai bersama di Pelindo I, II, III dan IV. Kalau pelanggan kami mau berhubungan dengan kami, mereka hanya berhubungan dengan satu portal yang bisa terhubung ke Pelindo I, II, III dan IV," tuturnya. 
 
Pada Desember 2018 ini akan diterapkan billing system. Pada Januari 2019 akan diterapkan payment. Sedangkan seluruh pelayanan akan diterapkan pada 31 Mei 2019.
 
"Sebenarnya ada kemudahan bagi pelanggan untuk berhubungan. Awalnya hanya billing, kemudian pembayaran dan nantinya untuk semua pelayanan. Apakah layanan kapal, layanan peti kemas, layanan bongkar muat, semua layanan hanya di Pelindo ini ada satu portal untuk pelanggan," jelasnya.
 
Ia mencontohkan, dengan sistem tersebut akan memudahkan pelanggan mengecek barang-barangnya mulai dari pelabuhan keberangkatan hingga pelabuhan yang dituju.
 
"Teman-teman bisa mengecek barangnya dari Surabaya sampai di Medan ada di mana. Kapalnya dilayani di Surabaya hari ini, nanti masuk di Medan tanggal berapa. Itu semua bisa diketahui dengan hanya masuk ke Pelindo Inc (Pelindo Incorporated), satu portal bisa masuk ke 4 Pelindo," jelasnya.
 
Terkait acara Pelindo Charity Port Run 2018 yang dipusatkan di Pelindo III, Surabaya, akan digelar pada Minggu (16/12/2018). Hingga hari ini, sudah ada sekitar 5.000 peserta yang akan mengikuti olah raga lari.
 
"Silahkan datang untuk mengikuti Port Run. Hadiahnya totoal Rp 200 juta," jelasnya.
 
 
 


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter