Pelayanan Bus di Terminal Bungurasih Kembali Dikeluhkan

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Farizal Tito

Foto kondisi Terminal Bungurasih yang diunggah akun Nasrul Ilham @nasrulloveislam, pada Sabtu (22/12/2018) malam

jatimnow.com - Pelayanan bus di Terminal Bungurasih (Purabaya) kembali dikeluhkan jelang libur panjang Hari Raya Natal 2018 dan Tahun Baru 2019.

Berdasarkan penelusuran jatimnow.com di media sosial (medsos) Twitter, keluhan pertama muncul dari akun Twitter Nasrul Ilham @nasrulloveislam, pada Sabtu (22/12/2018) malam. Kicauan akun ini akhirnya direplies 17 akun dengan komentar masing-masing.

Dalam tweetnya, akun @nasrulloveislam menulis: petugas dishub bagaimana kok jurusan pasuruan malah ditolak padahal bus jurusan jember (satu rute ke pasuruan) alasan karena menggunakan tol panjang.

Dalam kicauannya itu, akun @nasrulloveislam juga nge-tag akun @sits_dishubsby dan @dishubjatim serta akun twitter milik salah satu stasiun radio lokal di Surabaya.

Berikut replies (komentar) sejumlah akun atas tweet @nasrulloveislam tersebut.

Nasrul Ilham ‏@nasrulloveislam: ini org² yang menghalangi penumpang jurusan pasuruan dilarang naik, dengan alasan tol panjang hingga probolinggo.

Nasrul Ilham @nasrulloveislam: Penumpang menumpuk, mohon oknum2 segeta di tangkap atau dibagaimanakan pak, sangat merugikan penumpang jarak pendek.

Nasrul Ilham @nasrulloveislam: Oknum2 pelarang penumpang jarak pendek, bukan hanya itu ada oknum "berseragam'' dishub.

Nasrul Ilham @nasrulloveislam: Usul aja, karena tol Surabaya-probolinggo sudah tersambung penuh bisa dibuatkan rute pendek seperti surabaya-malang yang memang okupansi penumpang cukup ramai.

Idrus Tamam @IdrusElsalimy: Hampir bus semua jurusan begitu kalo lagi rame penumpang.. kasian penumpang jarak dekat.

gaji pas-pasan @kaklissa: Klo musim libur emg jarak pendek jadi pupuk bawang, jarang ada bis yang mau angkut kaya bis arah ke Gresik ato Mojokerto, bisa susah banget bis nya klo lagi musim libur.

Ahmad Ainun Najib @FarsyahIyyans: lah terus naik bus apa hayo wkwkwk.

Cak Adi @Cak__Adi: Naik Tayo.

dit dita @raradhyta: Lha nek onok beneran enak mas.

Adrianto @Adriantook: Harusnya armada bus dibagi 2 yakni lewat bawah dan lewat tol atau khusus Bus Patas yang lewat tol.

funny @mefunnie: Nah ini baru pas... Jd adil...Tapi kmren naik patas dr Jogja ttp lewat bawah, alasannya tarif tol mahal.

Yoga Hardi Winata @yogahrd_: Beberapa PO sudah menerapkan apalagi jurusan solo-Jogja, disediakan unit tersendiri yg via tol panjang.. PO jurusan malangan juga kok.

funny @mefunnie: Ini bis Sugeng Rahayu lho. Tarif naik tp lewat bawah, kan jd nggak sesuai... Padahal pas naik bilangnya masuk tol.. eh masuk tol udah di Madiun, itu jg cm sampe nganjuk.

Topo Wsp @TopoWsp: Dengan dasar tweet polri dan dishub dpt mengambil tindakan... Sebut nama bus nya apa... Sdh jls... Jgn jln tol di gunakan alesan.

AdhiFitrisby @AFitrisby: Dari jaman saya thn 96 nakal nya PO bus gitu, nolak tujuan pendek kalo weeknd, setau saya dulu mmg ada aturan internal mereka utk tujuan kota dekat ya ambil bis nya yg rute nya pendek,efeknya penumpang membludak,blm lagi jalan macet bus yg kembali akan masuk terminal jg terlambat.

QulQul @elastisitas_hrg: udah sering mah gitu, para crew nguber jam puter balik sama istirahat, long weekend ditakutkan macet kalo lewat bawah, coba deh liat bus ke arah barat pasti kebanyakan nerima yang langsung solo/jogja kalo deket2 jombang, nganjuk, madiun,magetan biasanya ditolak.

Sri R. @SriRahajunings1: Sangat memprihatinkan dr jmn kolobendu smpe zmn now kok puancet ae Jatim mslh trnsprtasi mbok para pjbt terkait tiru kyk Jkrta-Bogor ato Jabodetabek jk blm bs KRL yo komuter lha usul MRT/LRT kemelipen kasihan yg butuh mudik jarak dkt smg sgr ada solusi helo KAI.

Irma Laila #BEJO @Irma_indo: Biasanya ada bis yg jurusan jarak dekat sembunyi gk masuk lorong terminal...ada di belakang nyempil. Saya pernah keliling terminal nyari bis jurusan Pasuruan, setiap bis saya samperin, pas blg jurusan Pasuruan kernetnya langsung bukain pintu.

Cak Adi @Cak__Adi: Bayar tarif Prob, biasanya mereka mau. Tapi hal spt ini biasanya kalau mau libur panjang aja sih.

Kim Jung Wo @northprosecutor: Ah sami mawon yg jurusan Malang ekonomi. Saiki kemenyek tol panjang semua alias gk masuk terminal pandaan, terutama dikala malam. Akhirnya numpuk2 kyk wong ilang.
Stop Tol Panjang balikin ke trayek seharusnya.

Dmitri Supeno @torotrapah: Ini sepertinya bukan gara2 tol, kalo banyak penumpang gini yg tujuannya jarak pendek jadi anak tiri.

Nikodio Eko P @nikodio_13: Ya karena nguber jam tidur dan putar balik. Cari yg jarak jauh saja.

Subkhan @Bekan_Kutoanyar: Biasa kalo long week end begitu. Bis jurusan Tulungagung hanya mau menaikkan penumpang yg turun di Tulungagung atau Kediri. Menolak penumpang yg turun di Mojokerto dan Jombang. Mhn @sits_dishubsby menerjunkan lebih banyak armada di libur panjang.

kentankkk @Anggunkinann: Kebiasaan ini bus" tiap ada libur panjang, yg mau turun bangil-pasuruan tdk boleh naik. Mereka ngangkut penumpang yg jauh" aja.

Selain cuitan, akun @nasrulloveislam juga mengunggah sejumlah foto dan video sebagai bukti cuitannya tersebut.

Untuk diketahui, Terminal Bungurasih yang terletak di Waru, Sidoarjo itu merupakan Tipe A. Kendati begitu (Tipe A), terminal ini dikelola Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surabaya.

Apa langkah Dishub Kota Surabaya setelah mendapat keluhan tersebut?


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter