Mengintip Gaya Cagub Khofifah Bermain Gamelan

Editor: Arif Ardianto / Reporter: Mita Kusuma

Ini gaya Cagub Khofifah saat memainkan salat satu alat gamelan di Ponorogo

jatimnow.com - Tak hanya terkenal dengan pengrajin Reog atau sekarang disebut Reyog, Ponorogo juga terkenal dengan pengrajin gamelan.

Makanya, Calon Gubernur Khofifah Indar Parawansa tertarik untuk mengunjungi pengrajin gamelan itu. Ia pun menyempatkan untuk ngobrol dan mencoba bermain beberapa alat gamelan itu.

Menurut Khofifah, seniman dengan produk seninya itu harus dibangun harmoni, termasuk pula budaya dengan budayawannya. Hal itu sudah menjadi perhatian pasangan ini dan ditulis dalam nawa bakti satya pasangan Khofifah-Emil.

"Tidak hanya harmoni antar budayawannya, tetapi harmoni antar budayanya, jadi produk budaya oleh budayawan sama-sama harus dibangun harmoninya," kata Khofifah.

Ia mengaku, di Indonesia ini varian-varian budayanya sangat banyak. Varian etnisnya juga sangat banyak. Sehingga memerlukan gong atau gamelan.

"Mulai di Kalimantan atau di Sumatera. Apalagi di Jawa dan Bali. Banyak sekali varian-varian gamelan itu," bebernya.

Sementara itu, salah satu pengrajin gamelan di Ponorogo adalah Pak Haji Kusnan dan Bu Haji Mitu. Ia menilai pengrajin itu sangat luar biasa.

"Karena dari gamelan-gamelan yang mereka bikin dengan rasa dan dengan ketelitian tertentu. Mereka bisa cek  bagaimana bunyi-bunyian dari seluruh nada yang memberikan penguatan performance budaya," ujarnya.

Bahkan, Khofifah menilai pengrajin Gamelan asli Ponorogo ini tidak hanya berkontribusi di Jawa dan Bali , namun juga Kalimantan dan Sumatra. 

"Menurut saya memberikan kontribusi yang luar biasa bagaiamana pelestarian budaya yang dilakukan oleh seorang Pak Haji Kusnan dan Bu Haji Mitu ini," imbuhnya.

Setelah sempat mengobrol dengan pengrajin gamelan itu, Khofifah pun mendapatkan kesimpulan bahwa tidak ada kesulitan dalam mendapatkan bahan baku gamelan maupun gong.

"Paling nanti untuk SNI dan standartnya, kemudian bagaimana marketnya. Pada saat tertentu, market tidak terlalu besar, tetapi menurut Pak Kusnan marketnya cukup prospektif," tegasnya.

Sementara itu, Kusnan pengrajin Gamelan, berharap secara luas bisa lebih diperhatikan oleh Khofifah Indar Parawansa. "Misalnya beliau terpilih menjadi Gubernur," pungkasnya.

Reporter: Mita Kusuma

Editor: Arif Ardianto


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter