Rasakan Sensasi Gurih Soto Ayam Gurit

Editor: Arif Ardianto / Reporter: CF Glorian

Soto ayam gurit khas Blitar.

jatimnow.com - Soto merupakan makanan khas asli Indonesia. Di berbagai wilayah nyaris memiliki kuliner soto yang diolah dengan menggunakan berbagai bahan dasar untuk menggugah selera. Mulai dari daging ayam, daging sapi, hingga organ dalam sapi.

Wilayah Jawa Timur, soto ayam bisa ditemukan disetiap Kota maupun Kabupaten. Berbagai daerah, memiliki ke-khasan baik rasa maupun pengolahan dalam menyajikan soto.

Jika Madura terkenal dengan soto daging sapi, serta lamongan dengan soto ayamnya, Blitar juga memiliki soto khas sendiri.

Soto ayam Gurit, adalah nama makanan soto khas Blitar. Disebut legendaris, karena resep pembuatan soto ayam Gurit telah dipertahankan secara turun-temurun dari generasi ke generasi.

"Soto ini sudah ada sejak lama mas. Tahunnya saya lupa tapi yang pasti sekitar 60 tahun. Dan saya ini generasi ketiga. Mbah saya yang merintis namanya Almarhum Wiryodihardjo," kata Ratih Kusuma (33) sembari meracik Soto ayam Gurit Minggu (25/03/2018).

Soto ayam Gurit yang kini dipegang oleh Ratih tersebut berlokasi di Jalan Irian No. 34 Kota Blitar. Warung ini buka setiap hari kecuali hari Jumat mulai dari jam 06.30 WIB sampai pukul 13.00 WIB. Namun lebih sering tutup sebelum waktunya karena sudah habis diserbu pelanggan.

Penjualan soto ayam Gurit tergolong laris manis. Bahkan terkadang Ratih sering kewalahan melayani para pelanggan yang sudah siap menyantap soto ayam Gurit itu.

"Gurit itu kan nama lingkungan di kecamatan Wlingi mas. Ada orang yang sering nyebutinnya soto ayam pak Wiranto, tapi rata rata kebanyakan bilangnya soto ayam Gurit," ungkapnya.

Untuk satu porsi Soto Ayam Gurit dihargai 8.000 rupiah. Bila ditambah satu es jeruk atau teh hangat menjadi 9.000 rupiah. Para pembeli rata-rata dari berbagai usia dan kalangan.

Pelanggan yang datang ke Warung Soto Gurit mengaku bila soto yang dijual memiliki cita rasa yang khas. Bahkan beberapa diantaranya menyebut rasa soto Gurit tak bisa ditandingi oleh soto ayam yang lainnya.

"Rasa gurihnya itu kerasa banget mas. Saya sering kesini. Kalau pas nggak masak dan anak saya pengen makan pasti ngajak kesini," terang Dina (42) ketika datang untuk membungkus Soto Gurit bersama 2 anaknya.

Reporter: CF Glorian
Editor: Arif Ardianto






jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter