Jalan Raya Gubeng yang Ambles, Kapolda: Sudah Naik ke Penyidikan

Editor: Sandhi Nurhartanto / Reporter: Arry Saputra

Kapolda Jatim Irjen Pol Luki bersama penyidik meninjau Jalan Raya Gubeng

jatimnow.com - Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan meninjau lokasi Jalan Raya Gubeng bersama para penyidik yang bertugas menangani kasus amblesnya jalan tersebut, Kamis (27/12/2018).

"Siang hari ini saya sengaja datang kesini, membawa penyidik yang menangani kasus ini. Karena kami ingin meyakinkan lagi melihat posisi-posisi barang bukti dan yang lain-lainya, dan lihat lokasi secara langsung," kata Irjen Pol Luki.

Jendral bintang dua tersbut meneruskan dalam satu minggu terakhir pihaknya telah menaikkan tahapan kasus ini ke proses penyidikan.

Di dalam proses penyidikan tersebut pihaknya sudah mendapatkan masukan dari saksi ahli dari berbagai latar belakang terkait pemeriksaan kasus amblesnya Jalan Raya Gubeng.

"Begitu juga dokumen-dokumen, dimuatkan lagi dengan barang bukti dan saksi-saksi sehingga kami tim penyidik sudah mulai mengarahkan kepada dugaan dari pada pelaku yaitu dari perencana, dari pelaksana lapangan, dari pengawas lapangan dan dari konsultan pengawas," ungkapnya.

Ia menjelaskan bahwa pihaknya telah mengutamakan pemeriksaan dari segi perizinan dan sudah melihat adanya temuan. Selain itu juga melakukan pemeriksaan tentang siapa yang telah mengeluarkan izin pengerjaan proyek basement tersebut.

"Ini yang akan kami utamakan, soal perizinan dan siapa saja yang telah megajukan dan memberi izin ata proyek ini. Ini sudah mulai mengarah dan kami sudah menentukan pasal-pasal yang nanti akan kami terapkan, yaitu dari pasal 192 KUHP, dan UU Jalan," jelasnya.

Luki menambahkan, dengan adanya pengaduan-pengaduan dari masyarakat sekitar dampak daripada longsor ini akan memperkuat pihaknya dalam proses penyidikan.

Bahkan memperkuat dalam proses pengembangan siapa yang nantinya akan bertanggung jawab atas kejadian amblesnya Jalan Raya Gubeng.

"Ini kita sudah mulai mengarah kesana, dan mudah-mudahan dengan adanya pengaduan-pengaduan dari masyarakat disekitar sini atas dampak dari pada longsor ini," pungkasnya.

 


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter