Ralat

Mengenal Keangkeran Puncak Bayangan Gunung Arjuno

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Moch Rois

Posko perizinan pendakian Gunung Arjuno di kawasan Tretes Pasuruan

jatimnow.com - Puncak bayangan merupakan salah satu bagian dari Puncak Gunung Arjuno. Bagian ini menjadi salah satu titik yang perlu diwaspadai para pendaki yang melintasinya. Sebab Puncak Bayangan disebut-sebut sebagai salah titik paling angker di Gunung Arjuno.

Salah satu pendaki yang hilang di Puncak Bayangan yaiu Faiqus Syamsi (17) pelajar SMKN 5 Surabaya sejak 18 Desember 2018 yang hingga Sabtu (29/12/2018) belum ditemukan.

Dedi menggambarkan jika Puncak Bayangan terkesan sama tingginya dengan Puncak Arjuno. "Para pendaki yang belum berpengalaman mengira jarak antara Puncak Bayangan dan Puncak Arjuno sangat dekat. Padahal sebenarnya masih cukup jauh, karena medan pendakian menurun tajam lalu menanjak," paparnya kepada jatimnow.com.

Secara teknis, tambah Dedi, siapa saja yang mendaki ke Puncak Arjuno maupun Welirang, harus konsentrasi dan tidak boleh meremehkan medan pendakian.

Menurutnya, bila regu pendaki selalu kompak dalam melakukan pendakian serta mengandalkan kerjasama dalam menghadapi permasalahan, resiko tersesat akan bisa diminimalisir.

"Saya baru menjabat di sini. Namun berdasarkan sepengatahuan kawan-kawan di Tahura R Soerjo, ada sekitar ada 6 pendaki yang hilang dan jasadnya ditemukan, baik di Gunung Arjuno maupun Welirang," bebernya.

Sebagai pemangku wilayah Tahura R. Soerjo, Dedi mengimbau agar para pendaki tidak sombong dan selalu menjaga sikap saat berada di atas Gunung Arjuno maupun Welirang.

"Jangan pisah sama teman. Entah turun atau naik gunung. Dan Jangan Sombong," tuturnya.

Sementara itu, Farid Kurniadi salah satu koordinator Tim Sar menyebut jika di Puncak Bayangan terdapat petilasan dengan tanda 'In Memoriam'.

"Jadi pernah ada orang hilang disitu, infonya 1999, pendaki atas nama Deny. Sampai sekarang belum ketemu," jelasnya.

Sedangkan masyarakat sekitar menganggap bahwa Puncak Bayangan merupakan salah satu titik di Gunung Arjuno yang dikenal dengan Pasar Setan.

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter