Pecel Ini Bikin Bibir Ndower karena Kepedasannya. Berani Coba?

Editor: Arif Ardianto / Reporter: CF Glorian

Pecel Ndower khas Blitar.

jatimnow.com - Pecel dikenal sebagai makanan dari wilayah Madiun. Namun hampir disetiap daerah di Jawa Timur, nasi pecel bisa dijumpai dimana saja. Tak jarang berbagai modifikasi hasil kreativitas pedagang membuat olahan nasi pecel semakin bervariasi.

Bila di Kediri terkenal dengan Pecel Tumpang, maka di Blitar juga ada pecel Ndower. Selain menawarkan pedas manis, pecel Ndower juga menawarkan sensasi pedas yang seakan menjadi surganya para pencinta kuliner pedas.

"Warung ini buka sejak tahun 2011. Yang kami tawarkan memang pedesnya ini. Karena masyarakat Blitar itu senengnya yang pedes pedes," kata pemilik warung Giono (57) di Warungnya Minggu (25/03/2018).

Warung Pecel Ndower tergolong ramai. Dari penuturan Giono, dalam sehari sedikitnya 30 hingga 40 kg beras habis untuk melayani para pelanggan nasi pecel.

Harga yang ditawarkan bervariasi. Mulai dari 7.000 rupiah hingga 10.000 rupiah per porsi. Harga itu tergantung dari lauk yang diminta.

Selain dari wilayah Blitar, banyak diantara pembeli dari luar kota yang mampir ke warung pecel tersebut untuk menikmati sensasi pedas pecel ndower.

"Kalau pecel Ndower biasa tujuh ribu, ditambah es dawet tiga ribu rupiah. Tapi tergantung dari lauknya juga. Pembelinya dari Blitar sini, tapi kalau yang dari luar daerah, rata-rata kalau perjalanan lewat Kanigoro mesti mampir kesini," terang pria berkacamata tersebut.

Pecel Ndower buka setiap hari mulai dari jam 07.00 WIB sampai jam 13.00 WIB. Namun terkadang warung ini juga tutup sebelum waktunya karena banyaknya pembeli.

Dari penuturan pembeli, alasan mereka membeli selain harganya yang murah, juga merasa tertantang untuk menikmati sensasi pedas yang ditawarkan. Meski banyak varian pecel yang dijual di Blitar, namun pecel Ndower disebut sebagai pecel paling enak dan menantang.

"Harganya murah banget dan rasanya juga enak. Pedesnya terkadang sampai bikin nangis. Ditambah es dawet Jan cocok mas," kata Nur Alana sembari mengusap matanya karena sensasi pedas pecel Ndower.

Reporter: CF Glorian
Editor: Arif Ardianto

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter