Di Blitar, Presiden Jokowi Bicara Waduk dan Produktifitas Pertanian

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: CF Glorian

Presiden Jokowi saat melakukan kunjungannya di Kabupaten Blitar

jatimnow.com - Di sela kunjungannnya di Blitar, Presiden Joko Widodo (Jokowi) berbicara soal waduk irigasi dan fungsinya. Jokowi juga menyebut, di awal tahun 2019, tercatat ada 65 waduk di Indonesia dalam tahap pembangunan.

"Kalau nanti selesai semuanya, air untuk mengaliri sawah bisa tersalurkan. Dari yang tadinya satu kali tanam bisa dua kali tanam. Yang tadinya dua kali tanam bisa tiga kali tanam," ujar Mantan Wali Kota Solo tersebut, Kamis (03/01/2019).

Selain meningkatkan produktifitas pertanian, pembangunan waduk dan irigasi seperti di Bendungan Jegu, Talun dan Kali Bogel di Sutojayan, Blitar juga difungsikan untuk menanggulangi musibah banjir.

Sebab bencana banjir sudah beberapa kali terjadi di Kecamatan Sutojayan, Kabupaten Blitar.

Jokowi menambahkan, waduk dan irigasi pada dasarnya dibangun untuk mengatur dan memanfaatkan air bagi kepentingan masyarakat.

"Pada dasarnya untuk mengelola air, sehingga mendatangkan manfaat bukan musibah," tutup Jokowi sebelum melanjutkan kunjungannya ke Tulungagung.


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter