Keren! Dinas PMK Surabaya Luncurkan Armada Baru yang Lebih Gesit

Editor: Arif Ardianto / Reporter: Farizal Tito

Armada baru Dinas PMK Surabaya

jatimnow.com - Dinas Pemadam Kebakaran (PMK) Kota Surabaya terus berinovasi dalam menjalankan tugasnya sebagai penjinak api. Setelah memiliki armada baru berupa kendaraan bermotor roda tiga. Kali ini armada baru kendaraan roda dua.

Armada kendaraan roda dua ini diharapkan mampu menembus pemukiman warga di gang-gang sempit.

Plt Kepala Dinas Kebakaran Kota Surabaya, Irvan Widyanto menjelaskan, meski berupa motor namun sistem pemadamnya berbeda dengan armada lainya yang selama ini hanya mengandalkan air sebagai pemadamnya.

"Armada motor pemadam kebakaran ini tidak menggunakan air, tapi menggunakan pemadam berupa busa atau CAFS (compressed air foam system). Berfungsi sebagai alat utama pemadaman api dengan teknologi compressed air foam yaitu campuran air dan foam dengan tekanan sampai 9,5 bar dan dapat molontarkan foam dengan jarak 15 meter," kata Irvan Widyanto, Jumat (4/1/2019).



Fitur lain tambahnya, armada tersebut juga terdapat selang sepanjang 15 meter, nozle dengan 2 mode  jet dan spray. Tangki foam (2x 25 liter), serta dilengkapi sirine dan rotari.

"Untuk helmnya didesain berbeda yaitu terkoneksi dengan alat komunikasi (handy talky). Dengan begitu sembari mengejar titik api pengendara bisa terus berkoordinasi," paparnya.

Meski demikian, Irvan mengingatkan warga bahwa kelengkapan alat pemadam itu bukan andalan utama DPMK. Bukan pula keterampilan petugas.

"Tapi, kesigapan warga saat bencana itulah yang paling penting," jelasnya.

Meskipun saat ini Dinas PMK sudah semakin cepat yakni hanya tujuh menit dalam merespon informasi adanya kebakaran. Kedepan pihaknya berencana membentuk satgas pemadam di titik-titik perkampungan padat penduduk guna mempersempit ruang kebakaran di kota Surabaya.



jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter