Jokowi Minta Pembangunan Waduk Bendo Ponorogo Dikebut

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Mita Kusuma

Presiden Jokowi saat meninjau pembangunan Waduk Bendo Ponorogo

jatimnow.com - Dalam kunjungannya di Ponorogo, Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga meninjau pembangunan Waduk Bendo di Desa Ngideng, Kecamatan Sawoo, Jumat (4/1/2019) sore.

Di lokasi proyek, Jokowi mengatakan bendungan itu akan mampu menampung 43 juta kubik air yang bisa mengairi lahan sawah sekitar 7.700 hektar. Ia berharap, ketersediaan air tersebut mampu memaksimalkan hasil pertanian masyarakat di Ponorogo.

"Kita harapkan, dulu yang hanya panen sekali jadi dua kali, yang dua kali menjadi tiga kali. Sangat penting sekali untuk pengairan sawah-sawah juga air baku. Saya kira dua hal ini, Waduk Bendo, yang nanti akan segera kita selesaikan," ungkap Jokowi.

Namun, Jokowi mengakui progres pengerjaan Waduk Bendo itu sedikit terlambat. Karena dari laporan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimulyono, pengerjaan Bendungan Bendo baru rampung 77 persen.

“Tapi tetap, 2019 harus rampung semua. Tidak bisa tidak, biar dikebut,” tegasnya.

Jokowi melanjutkan, beberapa pembangunan bendungan atau waduk di Jawa Timur juga telah dilakukan, seperti di Waduk Tukul, Waduk Tugu, Waduk Bagong, Waduk Semantok dan Waduk Gongseng.

"Banyak sekali dibangun di Jawa Timur karena memang diperlukan sebagai lumbungnya pangan Indonesia," tambahnya.

Secara keseluruhan, pemerintah menargetkan pembangunan 65 bendungan. "Ini diselesaikan dulu semuanya, baru bicara nanti primernya sampai tersiernya di sawah. Ini proses jangka panjang yang memang harus dilalui," tandas Jokowi.

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter