74 Perahu Nelayan Pasuruan Kekurangan Mesin Bahan Bakar Gas

Editor: Sandhi Nurhartanto / Reporter: Mochamad Rois

Aktifitas nelayan Desa Kalirejo, Kecamatan Kraton, Pasuruan

jatimnow.com - Dinas Perikanan Kabupaten Pasuruan, akan kembali mengusulkan 74 perahu nelayan di bawah 2 gross tonnage (GT) guna mendapatkan bantuan hibah mesin berbahan bakar gas (BBG)

Rencananya, pengiriman usulan bantuan hibah tersebut ke Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) di kirimkan pada awal tahun 2019 ini.

"Kami sudah survey, hanya 74 perahu di bawah 2 GT saja yang belum dapat hibah mesin BBG," kata Kabid Kenelayanan Dinas Perikanan Kabupaten Pasuruan, Alamsyah, Sabtu (5/1/2019).

Menurut Alamsyah, sedikitnya jumlah perahu nelayan yang diusulkan mendapat hibah mesin BBG di tahun 2019, karena tidak lepas dari datangnya bantuan hibah di tahun-tahun sebelumnya.

"Tahun 2017, kita dapat hibah mesin BBG dari Pemerintah Pusat sebanyak 300 unit. Lalu 2018 dapat 631 unit. Jadi, memang tinggal 74 perahu nelayan yang belum dapat," ujarnya.

Jika semua perahu kecil (dibawah 2 GT) sudah beralih dari bahan bakar premium ke bahan bakar gas, maka para nelayan akan diuntungkan.

"Biaya operasional saat melaut bisa ditekan hingga 50 persen," pungkasnya.

 

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter