Gajah Oling KM. 13, Mobil Listrik Pertama Karya Poliwangi

Editor: Sandhi Nurhartanto / Reporter: Hafiluddin Ahmad

Mobil listrik Gajah Oling KM. 13

jatimnow.com - Karya 24 mahasiswa Politeknik Negeri Banyuwangi (Poliwangi) dalam merakit mobil listrik Gajah Oling KM. 13. patut diapresiasi.

Mobil ramah lingkungan yang dirakit dalam waktu 5 bulan tersebut mampu menjadi juara dalam ajang Kompetisi Mobil Listrik Indonesia (KMLI) 2018.

Kejuaraan yang diselenggarakan setiap tahun oleh Politeknik Negeri Bandung (Polban) di bulan November tersebut, Gajah Oling KM. 13 mampu meraih juara 1.

"Alhamdulillah kemarin kami menyabet juara 1 di ajang KMLI Polban 2018. Setelah menyelesaikan 10 lap dengan panjang sirkuit 1 kilometer," kata Ketua Devisi Elektrikal UKM Mobil Listrik, Ferly Joi Setiawan, Selasa (8/1/2019).

Joi panggilan akrabnya menceritakan, dalam pembuatan mobil listrik Gajah Oling KM. 13 tersebut dibantu oleh dosen pembimbing UKM Mobil Listrik, Galang Sandi Prayogo.

"Mulai desain hingga merangkai kami lakukan bersama-sama," ujarnya.

Berkat kerja tim dan arahan dari dosen pembimbing itu, kata dia, dalam kurun waktu 5 bulan dapat menciptakan mobil listrik yang ramah lingkungan pertama di Banyuwangi.

Dari desainnya, mobil ini dirancang khusus untuk dilintasan balap dengan daya dorongnya memakai 4 baterai aki 12 volt. Mobil ini mampu melaju dengan kecepatan antara 40-50 km/jam.

"Dari 4 baterai aki yang masing-masing 12 volt yang kita rangkai seri menghasilkan tegangan hingga 50,4 volt. Dengan masa pengisian 5 sampai 6 jam," ujarnya.

Dosen Pembimbing UKM Mobil Listrik Poliwangi, Galang Sandi Prayogo mengatakan, dengan keberhasilan tersebut mobil listrik Gajah Oling KM. 13 menjadi ikon baru di kampus negeri pertama di Bumi Blambangan ini.

"Selain itu hal ini wujud dari mahasiswa sebagai agen perubahan yang mendukung program pemerintah dalam mengembangkan mobil listrik. Sisi akademiknya membuat mahasiswa dapat mengekpresikan diri mereka," kata Galang.

Kedepannya, produk mobil listrik pertama yang dibuat oleh mahasiswa Poliwangi itu, akan terus dikembangkan. Namun, tetap mempertahankan karya yang sudah dihasilkan ini.

Misalnya, kata dia, bisa disempurnakan dari sisi desain, bodi, hingga rangka mesinnya.

"Mobil ini sebagian komponennya impor sebagian lokal, 50:50 lah," jelasnya.

 


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter