Ternyata Pemilih Emak-emak Lebih Banyak Jokowi Daripada Sandiaga

Editor: Arif Ardianto / Reporter: Farizal Tito

Cawapres Sandiaga Salahudin Uno

jatimnow.com - Pendekatan Cawapres Sandiaga Uno kepada emak-emak, nampaknya belum mampu mendapatkan hasil memuaskan untuk merangkul suara para kaum ibu itu.

Data itu didapatkan dari hasil riset yang dirilis oleh Surabaya Survey Center (SSC), Rabu (9/1/2019).

Di kalangan responden emak-emak, Prabowo-Sandiaga Uno meraih 40 persen suara sedangkan Jokowi-Ma’ruf Amin mengantongi 50 persen suara dengan 10 persen undecided voters.

"Sementara, di kalangan pengangguran, Prabowo-Sandiaga Uno unggul dengan 55 persen dan Jokowi-Ma’ruf Amin hanya mendapatkan 35.5 persen dengan 9.5 persen undecided voters,” jelas peneliti SSC, Elis Yusniawati.

Lebih lanjut, Elis memaparkan jika Prabowo-Sandiaga Uno menang tipis di kalangan pelajar atau mahasiswa.

“Keduanya mendapatkan 48.2 persen sedangkan Jokowi-Ma’ruf Amin mengantongi 42.8 persen dengan 9 persen undecided voters,” katanya.

Untuk kalangan buruh, Jokowi-Ma’ruf Amin unggul dengan 60 persen sementara Prabowo-Sandiaga Uno mengantongi 28.5 persen dengan undecided voters sebesar 11.5 persen.

Lalu, di kalangan petani dan peternak serta nelayan, Jokowi-Ma’ruf Amin disebut memperoleh 46.7 persen.

"Sedangkan Prabowo-Sandiaga Uno meraih 40.9 persen dengan 12.4 persen undecided voters,” jelas Elis.

Bagaimana dengan kalangan pensiunan dan ASN? Menurut Elis, di dua latar belakang itu, Jokowi-Ma’ruf Amin lebih unggul.

“Di kalangan pensiunan, paslon nomor 01 mendapatkan 55.5 persen dan nomor 02 meraih 35.5 persen dengan 9 persen undecided voters,” ujarnya.

“Untuk ASN atau Pamong Desa, 52.5 persen mendukung Jokowi-Ma’ruf Amin dan 37.5 persen memilih Prabowo-Sandiaga Uno dengan 10 persen undecided voters," katanya.

"Terakhir, kalangan wirausaha kecil, mereka sebanyak 48.3 persen memilih Jokowi-Ma’ruf Amin dan 41.2 persen mendukung Prabowo-Sandiaga Uno dengan 10.5 persen undecided voters," pungkas Elis.

Survei yang dirilis oleh SSC ini berdasarkan pada survei yang dilaksanakan mulai 10-20 Desember 2018 di 38 Kab/Kota di Jawa Timur.

Riset yang dilakukan menggunakan 1000 responden melalui teknik stratified multistage random sampling dengan margin of error kurang lebih sebanyak 3 persen dan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen.


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter