Pilwali Surabaya 2020: Menanti Jago Bu Risma

Editor: Arif Ardianto / Reporter: Farizal Tito

Wali Kota Risma dan Sekkota Surabaya Hendro Gunawan/Foto: Fajar Mujianto-jatimnow.com

jatimnow.com - Calon Wali Kota Surabaya yang akan datang, tidak bisa lepas keberhasilan Tri Rismaharini. Wali kota dua periode ini diprediksi memiliki jago yang masih disimpannya rapat.

"Jika melihat gelagat Bu Risma selama ini teknokrat profesional atau birokrat teknokrat yang punya peluang besar akan direkom dan dijagokan Bu Risma di pilwali mendatang," jelas Pengamat politik Universitas Trunojoyo Madura (UTM), Surokim Abdussalam.

Dilematisnya, kata Surokim, Risma yang akan mengakhiri jabatan untuk periode keduanya belum memberikan sinyal ke publik.

"Ya itu, dites ombak awal bisa jadi akan mudah diketahui dan diserang. Tapi jika last minute panggung untukk dikenal publik jadi minimalis," katanya.

Ia melihat figur calon teknokrat profesional atau birokrat teknokrat haruslah dikenal publik. Dibutuhkan waktu yang lama untuk publik bisa memahami.

"6 bulan sebelum pilwali paling lambat harus dikenalkan," kata Surokim.

Pengamat politik Universitas Trunojoyo Madura (UTM), Surokim Abdussalam

Ia memperkirakan Risma menunggu waktu atau momentum untuk memunculkan jagonya. Karena ini dilihat bagian strategi.

"Prediksi saya, Risma akan memunculkan jagonya last minutes dengan terlebih dulu melihat calon-calon yang beredar," terang dia.

Siapa dia?

"Kemungkinan besar tokoh nonpartai," tegas Surokim.

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter