12 Poin Rekomendasi PDIP Hadapi Tahun Politik 2019

Editor: Arif Ardianto / Reporter: LKBN Antara

Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarno Putri/ Foto: Dok. jatimnow.com

jatimnow.com - 12 poin rekomendasi eksternal dihasilkan pada Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) PDI Perjuangan untuk menghadapi tahun politik 2019.

Ketua DPP PDIP Perjuangan (non-aktif) Bidang Politik dan Keamanan, Puan Maharani membacakan 12 poin rekomendasi eksternal pada acara penutupan Rakornas yang digelar di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Jumat (11/1/2019).

Rekomendasi Eksternal Rakornas PDIP itu menegaskan bahwa partai berlambang kepala banteng tersebut akan berjuang untuk mengarahkan, mengawal, mengamankan dan memastikan kebijakan-kebijakan politik yang dikeluarkan oleh pemerintah pusat agar tetap mengandung satu muatan, satu arah.

Rakornas mengusulkan kepada pemerintah untuk membentuk Badan Riset dan Inovasi Nasional yang berfungsi mengembangkan dan meningkatkan sumber daya manusia, ilmu pengetahuan dan teknologi dalam upaya menjadikan Indonesia sebagai negara maju.

Dalam Rakornas ini, PDIP menegaskan bahwa Pemilu serentak 2019 adalah salah satu cara praktik demokrasi yang telah disepakati menjadi sistem pemilihan presiden dan wakil presiden, anggota DPR RI, DPD RI dan DPRD provinsi/kabupaten/kota. Hal tersebut telah diatur dalam sistem norma hukum, baik dalam UUD NRI Tahun 1945 maupun peraturan perundang-undangan turunannya.

PDIP menegaskan dukungannya kepada seluruh penyelenggara pemilu (Komisi Pemilihan Umum, Badan Pengawas Pemilu dan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu) serta semua pihak yang bertanggungjawab dalam pelaksanaan Pemilu serentak 2019.

Rakornas mendukung Komisi Pemilihan Umum dalam melaksanakan tugas-tugas penyelenggaraan pemilu secara profesional serta mendukung Badan Pengawas Pemilu, Kepolisian dan Kejaksaan untuk bertindak tegas terhadap segala bentuk pelanggaran termasuk tindak pidana pemilu selama masa tahapan Pemilu serentak 2019.

Rakornas mengajak semua peserta pemilu dan seluruh lapisan masyarakat Indonesia untuk bersama-sama mendukung pelaksanaan Pemilu 2019 agar berjalan dengan aman dan damai serta bersama-sama menghindari dan memerangi segala bentuk kampanye hitam, berita bohong (hoaks), politik uang, fitnah, dan ujaran kebencian yang dapat merusak dan mencederai demokrasi Indonesia serta dapat menghancurkan persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.

Rakornas merekomendasikan kepada DPP partai untuk meminta kepada Pemerintah dan DPR agar membudayakan praktik demokrasi Pancasila menjadi ideologi yang hidup dan menjiwai baik dalam tataran normatif maupun praksis kehidupan berbangsa dan bernegara secara terstruktur melalui kurikulum pada lembaga pendidikan formal dari tingkat dasar sampai perguruan tinggi, organisasi sosial kemasyarakatan serta partai politik.

Rakornas menyepakati agar seluruh struktural partai (PDIP) untuk mengambil inisiatif dalam menggerakkan seluruh partai koalisi pengusung Jokowi-Ma'ruf Amin, relawan dan kelompok-kelompok masyarakat untuk menjamin pemenangan di wilayahnya masing-masing.

Dalam hal ini, unsur tiga pilar partai harus menjadi lokomotif utama dalam menggerakkan Tim Kampanye Pemilu Presiden dan Wakil Presiden.

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter