Bapak Anak Nyaris Tenggelam: Pahami Teknologi Motor Ini

Editor: Budi Sugiharto / Reporter: Farizal Tito

Lokasi kejadian

jatimnow.com - Publik dikejutkan kejadian bapak dan anak nyaris tenggelam gara-gara motornya menyala dan meloncat ke sungai. Kemungkinan motor sang bapak berteknologi Idling Stop System (ISS).

Keduannya selamat. Namun, motor Honda Vario N 4882 EAC miliknya tenggelam di dasar Sungai Brantas di Warugunung, Karangpilang, Surabaya.

Ceritanya, Edi Santoso (36) dan Afkar yang masih berumur 3 tahun 6 bulan yang tinggal di Jalan Raya Jenggolo, Kepanjen, Malang, menyeberang dari Ndelik, Tawangsari menuju Warugunung naik perahu.
.
Setelah di atas perahu, bapak dan anak itu tetap berada di atas motornya dengan posisi anaknya itu berada di depan.

Karena motornya itu berteknologi Idling Stop System, otomatis mesinnya mati sendiri. Namun beberapa saat kemudian, anak kecil itu menarik handle dan mesinnya menyala dan langsung terjun ke sungai, Senin (14/1/2019) sekitar pukul 08.00 Wib.

"Keduanya berhasil selamat dibantu para pekerja perahu tambangan," ungkap Kapolsek Karangpilang, Kompol Widjanarko.

Berkaca dari kejadian tersebut, masyarakat hendaknya hati-hati dan mengenali teknologi motornya. Seperti yang menimpa Edi Santoso sebenarnya tidak perlu terjadi jika mesin motor di-off-kan.

Informasi yang dihimpun, bahwa teknologi Idling Stop System (ISS) adalah sistem untuk mematikan mesin secara otomatis pada saat berhenti 3 menit atau berhenti di lampu merah.

Teknologi ISS ini dapat mengurangi konsumsi pemakaian bahan bakar yang tidak perlu dan menurunkan emisi gas buang. Kinerja mesin lebih efisien, hemat bahan bakar dan ramah lingkungan.

Saat handle gas (throttle) dibuka, maka Throttle Position Sensor (TP Sensor) akan memberi signal untuk memberitahu altenator menghidupkan mesin tanpa perlu menekan tombol starter maka mesin akan otomatis menyala.

Dengan adanya teknologi ISS ini, jumlah emisi bahan bakar yang berhasil dikurangi dapat mencapai 7% dibandingkan dengan Honda Vario Techno keluaran terdahulu (tanpa ISS) berdasarkan pengujian oleh Honda menggunakan metode ECE R40.

Tetapi pada acara Fun Riding ternyata Vario Techno 125 CBS ISS mampu menempuh jarak hingga 76,1 kilometer perliternya. Dan dapat disimpulkan bahwa motor Vario Techno 125 CBS dengan teknologi ISS lebih irit hingga 37% dari Vario Techno pendahulunya.


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter