Tukang Gendam Spesialis Janda Dibekuk Polisi

Editor: Arif Ardianto / Reporter: Mita Kusuma

Kapolsek Ponorogo Kota, AKP Lilik Sulastri bersama tersangka di Mapolsek Ponorogo Kota.

jatimnow.com - Pelaku gendam dengan korban puluhan orang, Wahyu Wahidin Pranoto (42) warga Kabupaten Kebumen, Provinsi Jawa Tengah, diringkus Polsek Ponorogo Kota setelah kabur selama sepekan melakukan gendam di wilayah Kota Ponorogo.

"Kami berhasil meringkus kemarin di salah satu hotel wilayah di Jawa Tengah. Saat itu orangnya sudah kabur. Tapi kami bisa melumpuhkannya," kata Kapolsek Ponorogo Kota, AKP Lilik Sulastri, Rabu (28/3/2018).

Uniknya, pelaku menggendam hanya yang berjenis kelamin wanita. Tak hanya itu, korban masih dipilah, yakni hanya wanita yang berstatus janda dan single saja.

"Dari jauh pelaku sudah menilai si korban itu wanita single atau janda. Jika sudah yakin baru diajak kenalan dan digendam," urainya

Sampai saat ini, lanjut AKP Lilik, pelaku sudah menggendam puluhan orang di beberapa lokasi. Paling banyak di lokasi Malioboro Yogyakarta. Ada pula di Magetan.

"Untuk wilayah Ponorogo sebenarnya hanya satu orang saja. Itu pun korbannya bukan orang Ponorogo. Warga Trenggalek, hanya saja penipuannya di wilayah Ponorogo," katanya.

Ia menjelaskan untuk wilayah Ponorogo, satu korban kehilangan satu sepeda motor. Yang lainnya banyak yang kehilangan uang tunai dengan cara ATM korban digondol.

"Peralatan gendamnya lengkap sekali. Mulai dari keris kecil sampai minyak yang sudah dijampi-jampi. Itu sudah kami amankan. Pun beberapa keping ATM korban," katanya.

Barang bukti yang berhasil diamankan handphone, sepeda motor beat, yang tunai, 12 plat nomor, puluhan ATM, dan seperangkat jimat.

Reporter: Mita Kusuma
Editor: Arif Ardianto


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter