jatimnow.com

Simbol Pengayom, KH Ma'ruf Diberi Cinderamata Wayang oleh Relawan

Editor : Arif Ardianto Reporter : Jajeli Rois
KH Ma'ruf Amin saat menerima cinderamata 🔍
KH Ma'ruf Amin saat menerima cinderamata

jatimnow.com - Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 01 KH Ma'ruf Amin menghadiri acara deklarasi Rumah Kerja Nusantara relawan Jokowi-Ma'ruf Amin (JOKMA) Jawa Timur di Surabaya. Dalam acara tersebut, cawapres yang berpasangan dengan capres Jokowi ini mendapatkan cinderamata dari JOKMA berupa keris dan wayang.

Dua tokoh pewayangan yang diberikan dari Ketua JOKMA Jawa Timur Irawan Setiabudi kepada KH Ma'ruf Amin yakni, 'Krisna' dan 'Kuntadewa'.

"Krisna itu diharapkan menjadi pengayom bangsa. Kemudian, Kuntodewo sakti mandraguna, bisa mengawal bangsa ini," ujar KH Ma'ruf Amin kepada wartawan di sela menghadiri acara deklarasi Rumah Kerja Nusantara JOKMA di Jalan Trunojoyo, Surabaya, Kamis (24/1/2019).

Dalam acara tersebut, dihadiri Ketua JOKMA Pusat Eman Suryaman, Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Jawa Timur Irjen Pol (Purn) Mahfud Arifin, mantan Ketua PWNU Jatim KH Ali Maschan Moesa, mantan Ketua PCNU Kota Surabaya Syaiful Chalim, mantan Bupati Gresik KH Robbach Ma'sum, para kiai ulama dari Madura hingga tokoh lintas agama, serta berbagai masyarakat lintas agama.

Kata KH Ma'ruf, dukungan dari JOKMA dan berbagai masyarakat lintas agama itu menambah semangat untuk memenangkan pasangan calon (paslon) nomor urut 01.

"Ini menambah dukungan lagi dari sekian banyak relawan disamping juga dukungan partai koalisi, ormas, NU dan lain lain . Dengan jumlah relawan yang cukup banyak ini, target kemenangan 70 persen lebih di Jawa Timur," tuturnya.

Sementara itu, Ketua JOKMA Jawa Timur Irawan Setiabudi mengatakan, pemberian cinderamata wayang Krisna dan Kunta Dewa memiliki arti tersendiri bagi paslon Jokowi-Ma'ruf untuk memimpin bangsa Indonesia ke depan.

"Krisna simbol kalau orang Jawa yakni kematangannya, kebijaksanaan seseorang. Kemudian, Kunta Dewa, karena beliau raja, beliau dengan kejujurannya diharapkan kelak bisa mensejahterakan seluruh rakyat Indonesia," tuturnya.

Irawan mengatakan, JOKMA akan bersinergi dengan TKD Jatim dan relawan pendukung Jokowi-KH Ma'ruf Amin. Dari data Pemilihan Presiden 2014 lalu, suara Jokowi menang di 24 kabupaten dan kota di Jatim. Sedangkan 14 daerah lainnya dimenangkan Prabowo.  

Katanya, JOKMA akan melakukan pendekatan budaya, serta mensosialisasikan program-program Jokowi-KH Ma'ruf Amin ke seluruh daerah di Jawa Timur.

"Kita akan meningkatkan suara di 24 daerah kabupaten dan kota. Serta merebut suara kemenangan di 14 daerah seperti di wilayah Madura. Kalau di mataraman seperti di Pacitan," terangnya.

Ia menambahkan, dengan ketokohannya dan kelebihan dari KH Ma'ruf Amin, diharapkan dapat mendampingi Presiden Jokowi nantinya.

"Insyallah dengan segala kelebihanya beliau, kematanga usia dan keulamaanya beliu bisa menjadi Krisna. Bisa mendampingi Presiden Jokowi. Insyaallah Jokowi-KH Ma'ruf Amin menang," jelasnya.