37 Rumah di Pacitan Rusak Akibat 'Amukan' Angin

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Mita Kusuma

Salah satu rumah di Pacitan rusak akibat tertimpa pohon yang tumbang karena angin

jatimnow.com - Hujan disertai angin kencang menerjang Pacitan. Selain menyebabkan sejumlah pohon tumbang, puluhan rumah dan bangunan lain tercatat rusak.

Informasi yang dihimpun jatimnow.com, angin kencang itu menerjang saat hujan deras mengguyur Pacitan pad Kamis (24/1/2019) sore hingga malam.

"Kerusakan paling parah terjadi di Pacitan kota," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pacitan, Didik Alih Widodo, Jumat (25/1/2019).

Baca juga:  Waspada! Hujan Angin Masih Hantui Jawa Timur

Didik membeberkan, dari pendataan yang dilakukan timnya, akibat angin kencang itu, sedikitnya 37 rumah warga rusak, beberapa toko, klinik, garasi bus, SPBU hingga sejumlah pohon tumbang.

"Satu warga atas nama Sulashariadi (40) warga Dusun Ngunut, Desa Menadi mengalami luka di kepala akibat tertimpa genteng," tambah Didik.

Menurutnya, peristiwa itu sesuai dengan perkiraan BMKG (Badan Meterologi, Klimatologi dan Geofisika) yang menyebut bahwa sejumlah wilayah di Jawa Timur termasuk Pacitan, masih rawan terjadi angin kencang.

Ditambahkan Didik, angin kencang itu menerjang Desa Mentoro, Desa Menadi, Kelurahan Ploso dan Desa Tanjungsari yang semuanya desa dan keluarahan itu masuk wilayah Kecamatan Pacitan.

Untuk yang paling parah, lanjutnya, ada di Desa Mentoro dengan kerusakan 12 rumah, 1 toko dan 1 klinik. Sedangkan yang lain merata di 3 desa/kelurahan.

Data tersebut, masih kata Didik, merupakan pendataan awal. Sebab timnya masih akan melakukan pendataan kembali.

Ia mengimbau agar masyarakat berhati-hati dan meningkatkan kewaspadaan. Pasalnya, sesuai perkiraan, wilayah Pacitan akan terjadi hujan disertai angin kembali.

"Jika ada hujan dan angin kencang dan dirasa membahayakan segera mengungsi di tempat yang aman," pungkasnya.


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter