Pohon Tumbang Disapu Angin Timpa Gedung Sekolah di Blitar

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: CF Glorian

Gedung SD Negeri 01 Bendogerit, Kota Blitar yang rusak tertimpa pohon

jatimnow.com - Hujan deras disertai angin kencang yang terjadi di wilayah Kota Blitar mengakibatkan sejumlah pohon tumbang. Salah satu pohon tumbang bahkan menimpa bangunan sekolah.

Hujan deras disertai angin kencang itu diketahui terjadi pada Kamis (24/1/19) malam. Dari beberpa pohon tumbang, ada dua titik yang berdampak kerusakan, yaitu pohon tumbang di Kecamatan Sananwetan yang menimpa SDN Bendogerit 1 dan di Kecamatan Kepanjenkidul yang menimpa rumah warga di Kelurahan Dawuhan.

Di SDN Bendogerit 1, ada beberapa ruang kelas yang tertimpa pohon besar berusia 26 tahun itu, antara lain ruang kepala sekolah, perpustakaan dan ruang TU. Meski begitu, musibah ini tidak mengganggu aktifitas belajar mengajar.

"Dampaknya tidak tertalu parah, hanya dahan bagian atas yang mengenai teras tiga ruangan tersebut," ungkap Kepala Sekolah SD Negeri 01 Bendogerit Wiyono, Jumat (25/1/2109).

Pantauan jatimnow.com di lapangan, petugas Dinas Lingkungan Hidup (DLH) terlihat membersihkan material pohon tumbang dengan menggunakan gergaji. Pihak sekolah mengeluarkan kebijakan untuk memulangkan siswa lebih awal.

"Karena sedang pembersihan, makanya kami pulangkan lebih awal. Kemarin mau langsung dibersihkan tapi terkendala hujan," tegas Wiyono.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Bakesbangpol dan PBD Kota Blitar Arson Shoediqi menjelaskan, munculnya fenomena hujan deras disertai angin kencang dengan intensitas tinggi ini akibat munculnya bibit siklon tropis di bagian selatan Indonesia.

Kepada masyarakat ia mengimbau agar waspada, karena fenomena alam yang berubah setiap saat. Meski begitu, masyarakat diharapkan tak panik dan menghindari pohon besar serta mengurangi aktivitas ke luar rumah bila sedang turun hujan.

"Kurangi aktivitas ke luar rumah bila terjadi hujan sehingga hal-hal yang tak kita inginkan bisa dicegah," tutup Arson.


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter