jatimnow.com

Mengapa Command Center 112 Penting Bagi Warga Surabaya?

Editor : Narendra Bakrie Reporter : Farizal Tito
Tim Command Center 112 saat mengevakuasi runtuhnya balkon 4 ruko di Undaan beberapa waktu lalu/foto: Fajar Mujianto/jatimnow.com 🔍
Tim Command Center 112 saat mengevakuasi runtuhnya balkon 4 ruko di Undaan beberapa waktu lalu/foto: Fajar Mujianto/jatimnow.com

jatimnow.com - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini menjelaskan betapa pentingnya Command Center 112 bagi  masyarakat Kota Surabaya. Terobosan pada Tahun 2016 itu merupakan pusat komando untuk penanganan kondisi darurat di Kota Pahlawan.

Di dalam Command Center 112 terdiri dari berbagai macam organisasi perangkat daerah (OPD), diantaranya Satpol PP, BPB dan Linmas, Dinas Kebersihan dan Pertamanan, Dinas Perhubungan, Dinas PU Bina Marga dan Pematusan, hingga Pemadam Kebakaran.

Dengan mengumpulkan OPD di satu lokasi, pelayanan birokrasi atas aduan masyarakat menjadi lebih singkat. Semua layanan itu dapat diakses melalui sambungan darurat 112.

Loading...

"Bahkan, di 112 itu ada psikolognya. Jadi, 24 jam bisa konsultasi, temu darat," kata Wali Kota Risma, Jumat (25/1/2019).

Untuk memaksimalkan kerja Command Center 112, Pemkot Surabaya pun membangun enam posko darurat yang di beberapa titik di Surabaya.

Setiap posko dibekali tiga ambulans dengan fungsi yang berbeda-beda, yakni ambulans biasa, ambulans khusus operasi, dan ambulans khusus melahirkan.

Standar pelayanan Command Center 112 yaitu kecepatan. Ketika Command Center 112 mendapat aduan dari masyarakat, maka dalam kurun waktu maksimum 7 menit, masyarakat yang membutuhkan layanan kesehatan atau pun yang melaporkan kejadian darurat sudah bisa mendapat perawatan pertama di posko darurat tersebut.

Wali Kota Risma menambahkan standar waktu 7 menit itu ditentukan berdasarkan rekomendasi para dokter dengan mengacu kasus stroke.

Ketika masyarakat terserang stroke, nyawanya masih dapat diselamatkan apabila dapat ditangani sebelum 9 menit.

"Makanya, berkali-kali kita berhasil menyelamatkan orang stroke karena kita di bawah 9 menit. Bukan Tuhan sih, tapi katanya dokter gitu. Teorinya dokter gitu, pokoknya batang otak putus, kalau pertolongannya lebih dari 9 menit karena itu kita pakai standar 7 menit," pungkasnya.

Sosialisasikan Command Center 112 terus dilakukan Satpol PP Surabaya. Beragam cara. Salah satunya membuat video klip yang kreatif.

Mereka meluncurkan video klip yang terinspirasi dari lagu 'Karna Su Sayang' berdurasi 2 menit 54 detik dengan judul ‘Sobat Praja’.