jatimnow.com
Ketua Partai Demokrat Ikuti Musrenbang Desa di Banyuwangi, Diprotes

Michael di acara Musrenbangdes

jatimnow.com - Kehadiran Ketua Partai Demokrat Banyuwangi, Michael Edy Hariyanto dipersoalkan karena mengikuti Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa atau Musrenbangdes di Desa Gumirih, Kecamatan Singojuruh, Kamis (24/1/2019).

Tak hanya Michael, Kepala Desa Gumirih dan Camat Singojuruh juga turut teracam dilaporkan kepada Bupati Abdullah Azwar Anas, DPRD dan Bawaslu Banyuwangi. Mereka diduga telah menabrak aturan tentang penyelenggaraan Musrenbangdes.

Sekretaris Tim Kemenangan Daerah (TKD) Jokowi-Ma'ruf Banyuwangi, M Joni Subagyo, menduga telah menjadikan pelaksanaan Musrenbang di tingkat desa itu 'tercemar' dengan kedatangan salah seorang pimpinan parpol.

Hotel Sahid Surabaya 2222 Best Wedding Dates

Seharusnya, menurut Joni, pelaksanaan Musrenbang harus bersih dari orang-orang partai. Apalagi, kata dia, Michael merupakan salah satu calon legislatif (caleg) pada pemilu 2019 dan bukan anggota DPRD Banyuwangi.

"Saat Musrenbang, Michael malah duduk di depan menempati kursi yang harusnya ditempati perwakilan anggota DPRD. Dia kan masih caleg," tegas Joni kepada wartawan di Hotel Aston Banyuwangi, Jumat (26/1/2019) malam.

Sedangkan, Kades Gumirih, Mura'i, dan Camat Singojuruh, Muhammad Lutfi, akan dilaporkan kepada Bupati dan DPRD Banyuwangi. Dua orang itu juga diduga melangkahi Undang-undang tentang Aparatur Sipil Negara.

"Ketua DPC Partai Demokrat, Michael, datang menggunakan atribut partainya, memberikan sambutan dan ikut secara aktif dalam pelaksanaan Musrenbang tapi dibiarkan oleh mereka," terang Joni.

Mereka yang berniat melaporkan ketiga oknum tersebut diantaranya dari PDIP, PKB, Hanura, Golkar, NasDem, Perindo, PPP, dan PSI.

"Secepatnya akan kita laporkan. Saat ini tim kita masih menyusun materi pelaporan," katanya yang juga Ketua DPC PKB Banyuwangi.

Menanggapi hal itu, Camat Singojuruh Muhammad Lutfi mengaku bahwa dirinya termasuk dalam undangan pada acara Musrenbang tersebut. Dalam acara tersebut dirinya mengaku hanya mengikuti acara pembukaannya saja.

Selepas pembukaan, dia mengaku, tidak mengikuti acara "Musrenbangdes dan Sinergitas Program SKPD Tahun Anggaran 2020" yang d selenggarakan di Balai Desa Gumirih Kecamatan Singojuruh.

Loading...

"Silahkan konfirmasi ke Kades Gumirih mas, saya juga undangan kok, setelah pembukaan saya langsung balik kanan tidak ikut acara," paparnya saat dikonfirmasi, Sabtu (26/1/2019).

Berita Terkait