Unair Resmikan Halal Center Bereputasi Tingkat Internasional

Editor: Erwin Yohanes / Reporter: Farizal Tito

Rektorat Unair Menjelaskan Soal Halal Center

jatimnow.com - Tren industri halal menjadi topik menarik di dunia bisnis internasional.  Tingginya kesadaran akan produk halal diiringi dengan kenaikan belanja konsumen muslim.
 
Berlatar belakang dari hal tersebut, Universitas Airlangga (Unair) Surabaya meresmikan Halal Center, sebuah Pusat Riset dan Pengembangan Produk Halal (PRPPPH) yang dilengkapi dengan laboratorium dengan teknologi tinggi (Biosafety Level 3) yang bereputasi tingkat internasional.
 
"Kehalalan suatu produk makanan, obat dan kosmetik yang dikonsumsi masyarakat merupakan sebuah isu serius, sehingga keunggulan suatu brand itu yang dibutuhkan adalah pengakuan kehalalan tersebut," tutur Ketua Unair Halal Center Dr Mustofa Helmi Effendi, Rabu (28/3/2018).
 
Ia menjelaskan bahwa Halal Center Unair ini berfungsi sebagai lembaga pemeriksa halal sesuatu produk yang telah mendapatkan rekomendasi atau sesuai proses penugasan badan pemeriksa halal Kementerian Agama.
 
"Di laboratorium halal center kami berfungsi untuk mendeteksi dan mengkaji bahan produksi yang didalamnya apakah terkandung DNA babi atau lainnya sehingga membuat produk tersebut tidak halal," jelas Mustofa.
 
Ia menambahkan, kelebihan halal center Unair yang didirikan bereputasi tingkat internasional karena sudah memiliki 35 orang calon auditor halal, dan akan dilibatkan dalam 10 proyek riset dan pengembangan produk halal internasional yang akan diselenggarakan dalam waktu dekat.
 
"Intinya nantinya kami akan menangani tiga bidang riset utama, yaitu pangan, obat-obatan dan humaniora. Humaniora ini untuk mengubah persepsi orang agar melihat pentingnya penetapan halal," tandas Mustofa.
 
Reporter: Fahrizal Tito
Editor: Erwin Yohanes

Tinggalkan Komentar

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter