Serunya Obrolan Kesehatan Iriana Jokowi dan Ibu-ibu di Banyuwangi

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Hafiluddin Ahmad

Ibu Negara Iriana Jokowi dan rombongan saat membagikan pohon klengkeng di Puskesmas Gitik, Rogojampi, Banyuwangi

jatimnow.com - Ibu Negara Iriana Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Mufidah Jusuf Kalla melakukan kunjungan kerja ke Banyuwangi, Senin (28/1/2019). Sehari penuh, Iriana dan rombongan menghadiri berbagai kegiatan di sana.

Selain Mufidah Jusuf Kalla, Iriana didampingi istri-istri menteri pada Kabinet Kerja yang tergabung dalam Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja (OASE-KK).

Salah satu tempat yang didatangi rombongan yaitu Puskesmas Gitik Kecamatan Rogojampi. Di sini, Iriana mengampanyekan hidup sehat kepada ibu-ibu yang mengikuti sosialisasi tes IVA (inspeksi visual asam asetat) di sana.

"Ibu-ibu harus mulai ajarkan hidup sehat kepada keluarganya. Seperti kurangi produksi sampah plastik, cuci tangan yang benar. Kalau cuci tangan air secukupnya, jangan boros. Suwun (terima kasih)," papar Iriana.

Dalam kesempatan itu, Ibu Iriana juga membagikan doorprize untuk ibu-ibu berupa botol minum. Hal itu dilakukannya agar produksi sampah plastik di Banyuwangi terus menurun jumlahnya.

"Mulai sekarang gunakan tumbler, bisa mengurangi sampah plastik," ajaknya.

Di puskesmas ini, Iriana juga membagian sejumlah bibit pohon klengkeng dan menanamnya secara simbolis. Tidak hanya itu, Iriana juga melihat langsung proses pembuatan biopori.

Setelah itu, Iriana bersama rombongan menghadiri acara Parenting Berkarakter yang diikuti ribuan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) se-Banyuwangi.

Dalam kesempatan itu, ia meminta salah satu guru pria mencontohkan bagaimana menangani anak yang tidak bisa diam saat di kelas. Dan harus disampaikan dalam bahasa Osing.

"Ayo pakai bahasa Osing ya. Kita harus bangga memakai bahasa daerah," kata Iriana.

Saat itu pula, sang guru, Abdul Hakim, memperagakan bagaimana dirinya menangani anak yang susah diam saat di kelas. Aksi dari Abdul Hakim itu membuat Ibu Iriana tertawa.

"Saya kasih kamu magic com," sahut Iriana.

Selama di Banyuwangi, Ibu Iriana juga menyempatkan diri menikmati keindahan Pantai Solong saat makan siang beserta 28 ibu-ibu kabinet kerja selama 30 menit.

Usai dari Pantai Solong, Ibu Iriana yang sejak awal kedatangan dikawal ketat Paspampres itu menuju Blimbingsari Creative Craft untuk melihat langsung perajin manik-manik.

Dalam kunjungan kerjanya kali ini, Iriana tiba Bandara Banyuwangi sekitar pukul 08.30 Wib. Rombongan disambut Gubernur Jatim Soekarwo beserta istri; Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Arif Rahman beserta istri; Danrem 083 Bala Dhika Jaya Kolonel Inf Bagus Suryadi Tayo.

Selain itu, ada Bupati Banyuwangi Abdulah Azwar Anas beserta istri; Kapolres Banyuwangi AKBP Taufik Herdiansyah Zainardi; Dandim 0825 Letkol Inf Ruli Nuryanto serta Letkol Laut (P) Suhartaya.

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow4@gmail.com

Newsletter