Lampu Penerangan Dipasang di Jalur Rawan Begal Probolinggo

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Mahfud Hidayatullah

Penerangan jalan umum di Jalan Ronggo Jalu, Kecamatan Dringu mulai terpasang

jatimnow.com - Sebanyak 100 titik lampu penerangan menggunakan solar cell di jalan umum di tiga jalur jalan kecamatan di Probolinggo yang dinilai rawan begal dan kecelakaan bagi pengendara di jalur tersebut mulai terpasang.

Menurut Kabid Sarana dan Prasarana (Satpas) Dinas Perhubungan (Dishub ) Kabupaten Probolinggo, Dodik Kurniawan, ketiga jalur jalan kecamatan itu berada di Kecamatan Dringu, Tegalsiwalan dan Pajarakan.

Menurutnya, pemasangan solar cell tersebut merupakan bantuan hibah dari Kementerian Energi dan Sumberdaya Mineral (ESDM) tahun anggaran 2018 lalu.

"Pengerjaanya dimulai sejak November 2018 lalu. Saat ini melanjutkan pemasangan di Jalan Ronggo Jalu, Kecamatan Dringu," jelasnya, Selasa (29/1/2018).

Dodik menambahkan, dipilihnya pemasangan di jalur tersebut, karena di wilayah itu memang sangat minim sekali penerangannya ketika malam hari.

"Bahkan seringkali di wilayah tersebut terjadi tindak kriminalitas dan kecelakaan," bebernya.

Lanjut Dodik, pemasangan solar cell tersebut merupakan proyek pusat. Penerima Kabupaten Probolinggo hanya mendapatkan bantuan saja.

"Secara otomatis anggaran yang digunakan berasal dari APBN," tegasnya.

Dia juga mengakui, sejumlah jalur kecamatan yang ada di Kabupaten Probolinggo, Dodik mengaku masih banyak jalur yang minim akan penerangan umum.

"Diharapkan secara bertahap daerah yang minim penerangan bisa segara terpasang solar cell," tandasnya.


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter