Polrestabes Surabaya Deklarasikan Ojek Peduli Kamtibmas

Editor: Erwin Yohanes / Reporter:

Komunitas pengemudi ojek usai deklarasi di Mapolrestabes Surabaya.

 
 
jatimnow.com - Pengemudi ojek online (Ojol) maupun ojek pangkalan (opang) pagi ini berkumpul di Polrestabes Surabaya. Mereka mendeklarasikan Ojek Peduli keamanan, dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas).
 
Deklarasi Ojek Peduli Kamtibmas ini diikuti puluhan ojol dan opang di Surabaya. Juga dihadiri para kapolsek jajaran serta pejabat utama Polrestabes Surabaya.
 
Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol Rudi Setiawan mengatakan, deklarasi ojek peduli Kamtibmas ini dilakukan setelah melihat optimisme yang luar biasa dari pengemudi ojek online maupun ojek pangkalan, yang siap membantu kepolisian dalam menjaga kamtibmas.
 
"Hari ini kita tetapkan sebagai deklarasi Ojek Peduli Kamtibmas ," kata Kombes Pol Rudi Setiawan di Mapolrestabes Surabaya, Jalan SIkatan, Kamis (29/3/2018).
 
Bersamaan tahun ini sebagai tahun pemilihan kepala daerah, Kapolrestabes mengajak seluruh komunitas ojek untuk menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif.
 
"Menjelang pilkada ini saya mengajak seluruhnya dari komunitas ojek, yang memiliki kekuatan luar biasa untuk bersama-sama Polrestabes menjaga Kota Surabaya yang kondusif dan pilkada damai," tuturnya.
 
Rudi mengingatkan ke pengemudi ojek, jika di jalan menemui kejadian atau seperti tindak kejahatan jalanan, dapat ikut membantu mengamankan dan melaporkan ke kepolisian.
 
"Diharapkan teman-teman ojek selalu mengingat 110 dan menghubunginya bila ada kejadian," jelasnya.
 
Kapolrestabes menambahkan, pihaknya akan memberikan reward kepada pengemudi ojek maupun anggota polisi, yang menggagalkan penjambretan atau tindak kejahatan jalanan lainnya.
 
"Sebagai bentuk ucapan terima kasih, kami akan memberikan penghargaan," terangnya.
 
Sementara itu, Koordinator pengemudi Gojek Agus menegaskan, komunitas pengemudi gojek siap mendukung sepenuhnya Polri dalam menciptakan Kamtibmas di Kota Surabaya. 
 
"Kami akan bekerjasama dengan pihak Polri, untuk bersama-sama mengamankan Kota Surabaya yang kita cintai ini," ujar Agus.
 
Ia mengatakan, pengemudi Gojek juga membentuk Unit Reaksi Cepat (URC) yang tugasnya diantaranya, memberikan respon cepat jika ada hal-hal yang menimpa pengemudi gojek di jalan. Termasuk ikut membantu menjaga Kamtibmas Kota Surabaya. 
 
"Kami mendukung 100 persen Polri untuk menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif. Kita akan mensosialisasikan kepada teman-teman untuk ikut membantu menjaga kamtibmas," ujarnya.
 
Tim khusus pengamanan atau URC dari Gojek, juga on call dan siap menyebarkan informasi ke pengemudi gojek lainnya melalui handy talkie (HT) maupun grup whatsapp.
 
"Setiap ada kejadian, on call semua melalui handy talkie, melalui grup whatsapp," tuturnya.
 
Ia mencontohkan, aksi dari pengemudi Gojek Mahardika yang menolong warga kejambretan, juga mendapatkan bantuan dari rekan pengemudi gojek lainnya.
 
"Ya contohnya seperti yang dilakukan rekan kita. Rekan-rekan yang lainnya ikut membantunya," jelasnya.
 
Reporter: Jajeli Rois
Editor: Erwin Yohanes 

Tinggalkan Komentar

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter