Pixel Code jatimnow.com

Imlek, Juru Kunci Klenteng di Blitar Berharap Pilpres Berjalan Damai

Editor : Narendra Bakrie Reporter : CF Glorian
A Kiu, juru kunci Klenteng Poo An Kiong Blitar saat membersihkan patung dewa
A Kiu, juru kunci Klenteng Poo An Kiong Blitar saat membersihkan patung dewa

jatimnow.com - Menyambut pergantian Tahun Baru Imlek, warga keturunan Tiong Hoa di Blitar mulai membersihkan patung dewa, Jumat (1/2/2019).

Sedari pagi, warga tampak sibuk menyaput patung dewa dengan kuas dan membersihkan setiap sudut Klentheng Poo An Kiong.

"Rangkaiannya di mulai sejak kemarin. Dimulai dengan doa dan membersihkan patung dewa," kata A Kiu, juru kunci Klenteng Poo An Kiong, Jumat (01/02/2019).

Selain menghilangkan debu yang menempel, pembersihan juga dilakukan dengan menggunakan air kembang. Begitu bersih, patung dewa-dewi tersebut diletakkan kembali ke tempat semula.

Baca juga:
Ketua Gerindra Jatim: Multikulturalisme Telah Menggantikan Politik Identitas

"Para leluhur telah naik ke kahyangan. Ini untuk menghormati leluhur karena patung dalam keadaan kosong," sambung A Kiu.

Selain membersihkan patung, Klentheng Poo An Kiong rencananya juga akan dipasangi sejumlah ornamen, termasuk lampion dan hiasan lain yang akan dilakukan esok hari.

Baca juga:
Foto: Warga Keturunan Tionghoa di Gresik Khidmat Berdoa saat Malam Imlek

A Kiu berharap, datangnya tahun baru Imlek 2570 membawa kedamaian bagi masyarakat menjelang perhelatan Pemilihan Presiden pada bulan April mendatang. Meski berbeda pilihan namun tak menjadikan permusuhan.

"Sekarang tahun politik ya. Semoga tidak ada perpecahan meskipun rawan terjadi Gesekan antar pendukung (Presiden)," tandasnya.