Mobil Tertimpa Atap 3 Ruko di Surabaya Belum Dievakuasi, Ini Alasanya

Editor: Arif Ardianto / Reporter: Arry Saputra

Atap 3 ruko yang ambruk dan menimpa mobil

jatimnow.com - Mobil yang tertimpa runtuhan atap tiga rumah toko (ruko) di Jalan Kusuma Bangsa masih belum di evakuasi, Sabtu (2/2/2019). Petugas tidak mau mengambil resiko lantarnya banyaknya retakan pada konstruksi bangunan.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana (BPB) dan Linmas Kota Surabaya Eddy Christijanto menjelaskan, terkait dengan permasalahan itu pihaknya telah berkoordinasi dan memutuskan untuk menunggu polisi dalam hal ini tim inafis melihat lokasi.

"Berikutnya terkait dengan permasalahan ini, kami degan timnya Pak Kasatpol PP mengecek ke atas gedung melihat struktur bangunannya yang retak dan tidak mungkin ini melakukan evakuasi, kami menunggu setelah tim inafis turun," jelasnya.

Eddy menyebut jika masih banyak retakan dan konstruksi bangunan penahan yang tidak kuat di sekitar bangunan. Eddy juga belum mengetahui struktur semacam apa yang digunakan dalam bangunan ruko tiga lantai tersebut.

"Karena masih banyak retakan dan konstruksi bangunan penahan ya tidak kuat, menurut perkiraan itu. Dengan bangunan sebesar itu dan jarak dua meter ke belakang itu tidak kuat. Kami tidak tahu struktur campuran semennya seperti apa," ujarnya.

Selanjutnya kejadian ini akan ditangani oleh polisi secara menyeluruh. Namun jika telah selesai, Eddy mengaku timnya siap membantu untuk proses evakuasi.

"Jadi kami menegaskan, ini akan ditangani tim kepolisian. Nanti akan dilakukan penyedikan secara menyeluruh terkait dengan IMB nya, dan kesalahannya ada dimana. Kalau kita diminta bantuan untuk melakukan evakuasi kita siap," tegasnya.








jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter