Miris, Tiga Bocah Terekam CCTV Curi Kotak Amal Masjid di Surabaya

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Farizal Tito

Foto rekaman CCTV aksi tiga bocah mencuri kotak amal masjid di Surabaya yang diunggah akun Twitter @rijal_disco484

jatimnow.com - Peristiwa miris terjadi di Surabaya. Tiga bocah laki-laki terekam CCTV mencuri kotak amal Masjid Al-Hilal, kawasan Jepara, Bubutan, Surabaya.

Dari penelusuran jatimnow.com, informasi pencurian itu diunggah di Twitter oleh akun @rijal_disco484, Jumat (3/2/2019) pukul 09.00 Wib. Dalam postingannya, akun ini juga menyertakan video rekaman CCTV aksi pencurian kotak amal masjid itu.

Dari video rekaman CCTV itu tampak tiga anak laki-laki masuk ke halaman masjid. Dua diantaranya langsung menuju langgar (teras) masjid, satu lainnya menunggu di halaman masjid dan terlihat mengawasi situasi sekitar.

Saat berhasil mengangkat kotak amal itu, ketiga anak itu langsung berlari ke luar masjid. Dari rekaman CCTV, kejadian berlangsung mulai pukul 02.59 hingga 03.00 Wib.

Akun Twitter ini juga memposting jika pada pagi harinya, kotak amal masjid yang dicuri ketiga bocah itu ditemukan tergeletak di pinggir got di depan SDN Jepara 1 Surabaya atau di samping masjid itu.

"Pagi harinya, kotak infaq ditemukan oleh ibu warung telah rusak dan ditinggalkan begitu saja di depan SDN Jepara 1 Surabaya tepat di samping Masjid Al-Hilal," tulis akun Twitter @rijal_disco484 itu.

Terpisah, Kapolsek Bubutan AKP Harianto Rantesalu menyatakan atas informasi dari Twitter itu, dirinya langsung menerjunkan anggota ke lokasi kejadian untuk memastikan kebenaran informasi tersebut.

"Anggota kami sudah ke masjid itu dan kejadian itu memang benar," sebut Harianto.

Namun, lanjut Harianto, pengurus masjid memilih untuk tidak melapor kejadian itu ke Polsek Bubutan dengan pertimbangan kerugian atas pencurian itu sedikit.

"Jadi, pengurus masjid nggak melapor karena kerugian cuma Rp 100 ribu," beber Harianto.

Kendati demikian, Harianto mengimbau agar seluruh masjid atau tempat ibadah lainnya untuk lebih waspada dan hati-hati dalam meletakkan atau menyimpan barang inventarisnya, terlebih kotak amal.

"Kami mengimbau agar selalu memperhatikan kotak amal, mungkin dengan memberi perhatian khusus melalui CCTV, agar kejadian serupa tidak terulang," pungkasnya.


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter