Tangkal Hoax, Polda Jatim Takedown Ribuan Situs Membahayakan

Editor: Erwin Yohanes / Reporter:

Wakapolda Jatim Brigjen Pol Widodo Eko Prihastopo, memberikan keterangan pers.

 
jatimnow.com- Polda Jawa Timur berkomitmen menangkal berita hoax. Bahkan, dalam kurun waktu tiga bulan, polda sudah men-takedown  ribuan situs yang dinilai dapat membahayakan keamanan dan ketertiban masyarakat.
 
Hal itu disampaikan Wakapolda Jatim Brigjen Pol Widodo Eko Prihastopo, di sela acara Rakernis Bidang Humas di ruang Rupatama Polda Jatim, Jalan A Yani, Surabaya, Kamis (29/3/2018).
 
"Angkanya tidak bisa disebutkan, tapi cukup besar," kata Widodo.
 
Wakapolda mengatakan, polisi telah memiliki teknologi untuk melacak keberadaan situs yang menyebarkan informasi hoax, menyebarkan ujaran kebencian yang berpotensi membahayakan kamtibmas.
 
"Kita punya instrumen cyber troops. Jadi polisi bukan hanya patroli secara nyata, tapi juga patroli melalui media sosial. Kita sekarang sudah punya alatnya," terangnya.
 
Dalam acara rakernis tersebut, Wakapolda menyampaikan bahwa Humas memiliki peran yang strategis dalam meminimalisir berita hoax yang beredar di masyarakat.
 
"Humas sebagai satuan kerja yang diharapkan dapat menjadi corong Polri, bisa menjembatani komunikasi Polri dengan masyarakat," pesannya.
 
Sementara itu, Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Frans Barung Mangera mengatakan, dengan diadakan rakernis ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan personel humas.
 
"Kita berharap dengan rakernis ini bisa dijadikan sebagai media untuk menambah wawasan serta meningkatkan kemampuan humas di Polda Jatim dan polres jajaran," terang Barung.
 
Reporter: Jajeli Rois
Editor: Erwin Yohanes

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter