Caleg Partai Golkar, PKB, NasDem dan PKS di Banyuwangi Kampanye Bareng

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Hafiluddin Ahmad

Baliho keempat Caleg beda partai yang terpasang di Kecamatan Licin, Banyuwangi

jatimnow.com - Pemandangan unik muncul di Kecamatan Licin, Kabupaten Banyuwangi, Jumat (8/2/2019). Betapa tidak, meski beda partai, empat calon legislatif (Caleg) DPRD Banyuwangi memilih berkampanye bareng.

Dari pantauan, foto keempat Caleg itu bahkan menjadi satu dalam satu baliho besar yang dipasang di lokasi keempatnya berkampanye bersama.

Empat Caleg itu, antara lain Cung Lianto dari Partai NasDem, Hadi Susanto dari Partai Golkar, Nanang Nurul Yaqin dari PKB serta Imro'atul Husnah dari PKS.

Pemandangan unik itu seolah mencerminkan bahwa tidak ada aroma persaingan dalam memperebutkan konstituen, khususnya di Kecamatan Licin yang masuk Daerah Pemilihan (Dapil) I DPRD Banyuwangi.

Cung Lianto dari NasDem mengatakan bahwa dirinya bersama tiga caleg itu merupakan kader daerah Kecamatan Licin. Atas dasar itu, dirinya menjalin kesepakatan untuk berkampanye bersama-sama.

"Pertama, jika kami atau salah satu dari kami berhasil jadi anggota dewan, aspirasi masyarakat Licin akan terwakili. Kedua, kerjasama antar parpol mendinginkan suasana pemilu ini," papar Cung kepada wartawan.

Selain itu, kesepakatan lainnya bahwa dirinya beserta tiga Caleg itu tidak ingin terbawa arus pemilu yang terjadi seperti di Jakarta. Sebaliknya, mereka ingin bersinergi dalam membangun daerah tanpa melihat perbedaan pilihan politik.

"Kita tidak kepingin terbawa arus Jakarta, tapi di Kecamatan Licin yang diinginkan adalah perdamaian, kekeluargaan, kebersamaan antar masyarakat walau berbeda partai. Tapi tujuannya sama untuk kemajuan masyarakat Licin," sambungnya.

Sementara Caleg PKS, Imro'atul Husnah menjelaskan, keikutsertaannya melakukan sosialisasi dan kampanye secara bersama-sama itu sebagai upaya mewujudkan pemilu yang sejuk, damai dan kondusif.

"Di tengah pemilu yang semakin memanas ini bisa lebih sejuk lagi seperti halnya hawa di Kecamatan Licin ini. Kita ingin menunjukkan bahwa walaupun beda saya dari partai oposisi dan tiga teman saya dari partai koalisi tapi tetep NKRI itu harga mati pokoknya," paparnya.

Sedangkan Sugiyono (50), salah satu warga Dusun Krajan RT 03 RW 01 Desa Tamansari mengaku menginginkan wakil rakyat dari Kecamatan Licin. Sebab selama ini kontribusi dari wakil rakyat yang tengah duduk di DPRD Banyuwangi dinilai jarang yang secara langsung menyentuh aspirasi masyarakat di desanya itu.

"Karena selama ini anggota dewan yang didukung oleh masyarakat Licin ketika jadi kayak kacang lupa kulitnya. Sementara ini kita untuk membangun sambat ke siapa bingung karena gak mempunyai wakil," keluh Sugiyono.

Dirinya mengaku senang dengan empat Caleg tersebut, meskipun berbeda partai tetapi rukun baik dalam sosialisasi maupun saat kampanye.

"Saya ikut senang karena meski beda partai, tapi empat calon ini sangat rukun. Yang misinya untuk membangun Kecamatan Licin khususnya dan Banyuwangi pada umumnya," sambungnya.

Tidak hanya berkampanye, alat peraga kampanye berupa banner dan baliho yang mencantumkan foto dan nama empat Caleg beda partai itu telah terpasang di 39 titik di Kecamatan Licin.


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter