Proyek Waduk Tukul Ditargetkan Selesai 2019

Editor: Erwin Yohanes / Reporter: Mita Kusuma

Salah satu proyek jalan menuju Waduk Tukul.

jatimnow.com - Setelah mengunjungi Waduk Bendo di Kabupaten Ponorogo, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono bergeser ke Waduk Tukul, Pacitan, Jumat (30/3/2018).
 
Basuki memaparkan bahwa pembangunan Waduk Tukul sudah mencapai 64 persen. Dan akan diresmikan Juli 2019 jika tidak ada halangan.
 
"Ya kalau normal sih Juli 2019 sudah bisa diresmikan. Bisa mengaliri sawah dan menjadi sumber air minum bagi warga Pacitan," kata Menteri PUPR, Basuki.
 
Disinggung masalah sering mengakibatkan longsor dan banjir batu, Basuki tidak menampik. Ia menjelaskan, jika memang Waduk Tukul rawan longsor.
 
"Memang jika hujan, itu gunung Parangnya sering longsor. Sehingga batu-batunya terjun bebas ke bawah," tambah Basuki.
 
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono meninjau Waduk Tukul
 
Ia berjanji akan melakukan berbagai teknik. Termasuk melakukan teknik sapudam agar tidak longsor.
 
"Kalau longsor saya akui. Waduk Tukul salah satu waduk yang rawan longsor. Mungkin nanti akan saya bangun drainase agar tidak terjadi longsor," katanya.
 
Seperti diketahui, Waduk Tukul merupakan satu di antara 33 proyek bendungan yang diminta Presiden Joko Widodo. Targetnya, rampung 2019, agar berfungsi untuk meningkatkan swasembada pangan.
 
Reporter: Mita Kusuma
Editor: Erwin Yohanes

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter