Dua Pemancing Ikan di Banyuwangi Temukan Tengkorak Manusia

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Hafiluddin Ahmad

Tengkorak manusia yang ditemukan di sungai Pabrik Kertas Basuki Rahmat, Kelurahan Pengantigan, Kecamatan Banyuwangi

jatimnow.com - Tengkorak manusia ditemukan di aliran sungai Pabrik Kertas Basuki Rahmat (PKBR). Tengkorak itu kemudian diperiksa oleh Solakhudin dokter ahli bedah di RSUD Blambangan Banyuwangi.

"Diperkirakan usia tengkorak itu sekitar dua bulan lebih," ungkap Solakhudin, Rabu (13/2/2019)

Solakhudin menjelaskan, tengkorak manusia itu ditemukan pada Selasa (12/2/2019) malam di wilayah Kelurahan Pengantigan, Kecamatan Banyuwangi.

Dari hasil pemeriksaan, tengkorak tanpa rahang bawah itu, diperkirakan dari manusia dewasa. Saat ditemukan, sudah tidak ada bagian lainnya.

"Yang jelas itu hanya tengkorak saja, ke bawahnya sudah tidak ada. Karena jaringan-jaringannya sudah tidak ada," kata Solakhudin, Rabu (13/2/2019).

Solakhudin menyebut, gigi pada tengkorak tersebut terlihat lengkap. Dari garis Sutura atau garis pertemuan tengkorak kanan dan kiri diperkirakan pemilik tengkorak tersebut berusia 30 tahun ke atas.

"Kalau dari ciri-ciri orangnya (tengkorak itu, red), saya lebih condong ke laki-laki," tegasnya.

Meski begitu, Solakhudin belum dapat menyimpulkan atas temuan tengkorak tersebut. Sebab, tulang penyambung tengkorak dengan badan tidak ada.

"Putusnya tengkorak kepala itu apakah karena pembusukan atau yang lain, saya kurang tahu. Kan sudah hilang semua," tambahnya.

Terpisah, Kasat Reskrim Polres Banyuwangi AKP Panji Pratistha Wijaya mengatakan, pihaknya masih melakukan pendataan dan penyelidikan atas temuan tengkorak tersebut.

Tengkorak tersebut, lanjutnya, ditemukan oleh dua orang yang sedang memancing ikan dan dilaporkan kepada polisi. Dari laporan itu, Tim Identifikasi Polres Banyuwangi membawa tengkorak tersebut ke RSUD Blambangan.


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter