Kembangkan Hidroponik, Pria di Ponorogo ini Sukses Tanam Melon Golden

Editor: Sandhi Nurhartanto / Reporter: Mita Kusuma

Dedy merawat tanaman melon miliknya

jatimnow.com - Lahan sempit di tengah kota bukan berarti halangan untuk bertani. Itulah konsep yang dilakukan Dedy Setiawan (35). Warga Kelurahan Mangkujayan, Kecamatan/Kabupaten Ponorogo tersebut mampu menanam melon jenis golden apollo dengan keuntungan berlimpah.

Penasaran seperti apa cara bertaninya di lahan yang sempit? Berikut liputannya

Di lahan sempit belakang rumahnya, Dedy terlihat merawat tanaman melonnya. Sekali-kali Dedy memanen melon yang telah siap panen.

"Saya memulainya dua tahun lalu," kata Dedy membuka percakapan dengan jatimnow.com, Sabtu (16/2/2019).

Di belakang rumahnya, diubah menjadi lahan pertanian buah melon jenis golden apollo dengan sistem hidroponik. Bahkan tanaman melon ini bisa dipanen dalam waktu 60-65 hari.

Dedy mengaku cara menanam dirinya berbeda dengan petani di sawah pada umumnya. Ia harus membuat lahan green house atau rumah kaca.

"Biar terhindar dari serangga dan hama. Termasuk terhindar dari hujan maupun sinar matahari," jelasnya.

Selain menghemat lahan, sistem hidroponik juga menghemat air maupun pestisida tanaman. Karena setiap tanaman ditaruh di didalam polyback.

"Masing-masing tanaman diberi selang kecil untuk menyalurkan air maupun nutrisi," ujarnya.

Ia mengaku, sengaja menanam melon jenis golden apollo karena harga jualnya tinggi dan mampu menembus pasar kelas premium. Harga melon golden apollo berada di kisaran Rp 25 ribu sampai Rp 30 ribu per kilogramnya.

"Lahan saya 700 meter. Sekali panen bisa 6.5 sampai 7 ton. Tiap sebulan sekali," kata Dedy.

Winingsih, salah satu pengunjung mengaku cukup takjub dengan sistem penanaman melon yang dilakukan oleh Dedy secara hidroponik.

"Beda cara tanamnya. Beda pula hasilnya. Melonnnya juga segar," katanya.

 

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter