Tebing Setinggi 6 Meter Longsor Timpa Rumah Warga di Magetan

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Mita Kusuma

Petugas gabungan membersihkan material longsoran yang menimpa rumah warga di Magetan

jatimnow.com - Rumah bagian belakang milik Saryono (50), warga Desa Gonggang, Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan rusak parah setelah tertimpa material longsoran tebing setinggi 6 meter, Senin (18/2/2019).

Tebing itu longsor setelah dinding penahan tanah atau talud di belakang rumah warga itu ambrol.

"Setelah dapat laporan, kami menuju lokasi dan langsung gotong-royong membersihkan material longsor," ungkap Kasie Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Magetan, Ferry Yoga Saputra.

Dari keterangan pemilik rumah, Ferry menyebut bahwa sebelum longsor terjadi, hujan deras mengguyur di wilayah tersebut mulai Minggu (17/2/2019) sore hingga Senin (18/2/2019) dinihari.

"Setelah talud ambrol, longsor kemudian terjadi," jelas Ferry.

Akibat ambrolnya talud dengan tinggi 6 meter dan lebar 10 meter itu, membuat tebing itu longsor dan menimpa rumah Saryono.

Pembersihan material longsoran dilakukan Tim BPBD Magetan bersama TNI dan Polri. Selain itu, mereka membuat saluran air yang terkena dampak longsor untuk jalan air yang mengikis talud pondasi jalan.

Tidak hanya itu, tim gabungan juga memasang terpal untuk menahan tanah agar tidak kembali longsor. Sebab longsor susulan masih berpotensi terjadi.


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter