Khofifah Siapkan RSU Moehammad Noer Pemekasan Jadi Rujukan di Madura

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Farizal Tito

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa saat berdialog dengan pasien di RSU Mohammad Noer Pamekasan, Madura

jatimnow.com - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengunjungi RSU Mohammad Noer Pamekasan, Madura, Selasa (19/2/2019). Khofifah mengecek fasilitas, tenaga kesehatan dan alat-alat kesehatan yang dimiliki di rumah pemerintah tersebut.

"Rumah sakit ini kita diharapkan bisa menjadi rumah sakit rujukan di Madura," ungkap Khofifah di sela kunjungan kerjanya.

Di rumah sakit dua lantai itu, Khofifah juga menyapa sejumlah pasien yang tengah menjalani perawatan. Salah satunya pasien pengidap demam berdarah dan pasien yang sudah 5 hari dirawat karena kejang.

Dalam kunjungannya yang didampingi Bupati Pamekasan, Badrut Tamam dan Direktur RSU Moehammad Noer itu, Khofifah mendapati sejumlah kekurangan fasilitas di rumah sakit tersebut.

Fasilitas yang masih kurang itu di antaranya dokter spesialis, ahli anastesi dan perangkat alat kesehatan penunjang operasi. Namun, hal tersebut rencananya bakal dipenuhi kebutuhannya oleh Pemprov Jatim sehingga akan bisa memenuhi standar rumah sakit rujukan.

"Kami ingin rumah sakit ini jadi rujukan. Kita akan tambah dokter spesialis, layanan kesehatannya dan juga alkes tertentu yang dibutuhkan agar masyarakat Madura tidak perlu jauh-jauh mendapatkan rumah sakit rujukan," tegas Khofifah.

Jika rumah sakit tipe D ini bisa dikembangkan jadi rumah sakit rujukan, maka masyarakat tidak perlu mengantri dan menempuh jarak yang jauh untuk berobat, seperti ke RSUD dr Soetomo di Surabaya.

"Inginnya saya begitu," kata Khofifah.

Sementara itu, Bupati Pamekasan, Badrut Tamam mendukung rencana gubernur untuk menjadikan RSU Moehammad Noer itu sebagai rumah sakit rujukan. Ia juga memberikan rekomendasi agar rumah sakit ini nantinya bisa dilengkapi dengan layanan untuk penyakit kusta. Sebab, di Madura masih banyak warga yang menderita kusta.

"Di Madura banyak pengidap kusta. Kalau rumah sakit ini bisa menampung para penderita kusta, maka akan sangat membantu dan memudahkan masyarakat," tambah Badrut.


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter