Ini Data Kerusakan Akibat Amukan Puting Beliung di Probolinggo

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Mahfud Hidayatullah

Sebuah minimarket rusak parah akibat amukan angin puting beliung di Probolinggo

jatimnow.com - Akibat amukan angin puting beliung di dua desa di Kecamatan Tongas, Kabupaten Probolinggo, sejumlah bangunan rusak parah. Tidak hanya itu, angin juga menyapu sejumlah pohon hingga tumbang dan memutus jalan.

Dari data sementara Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Probolinggo, akibat puting beling Rabu (6/3/2019) sore kemarin itu, sebanyak 45 bangunan rusak parah. Dari bangunan itu, 30 adalah rumah berada di Desa Curah Tulis dan 15 rumah di Desa Tambakrejo.

Baca juga: 

"Kerusakan bangunan itu terdiri dari bangunan pengisian bahan bakar, swalayan serta beberapa rumah dan perkotoan. Ada yang mengalami kerusakan parah dan ringan," kata Kepala BPBD Kabupaten Probolinggo, Anggit Hermanuadi, Kamis (7/3/2019).

Selain merusak puluhan bangunan, 17 pohon terhitung tumbang di sepanjang jalan Desa Tambakrejo. Pohon tumbang mengakibatkan sejumlah tiang listrik ikut roboh.

"Akses menuju desa tersebut tertutup pohon tumbang," bebernya.

Namun, sejak Rabu malam, BPBD melalui Tim Reaksi Cepat sudah diterjunkan ke lokasi kejadian untuk membantu warga melakukan evakuasi.

"Jumlah kerusakan tersebut bisa saja bertambah, karena data yang ada masih sementara," tegasnya.

Diketahui sebelumnya, selain merusak puluhan bangunan rumah dan pohon, amukan puting beliung juga menewaskan seorang warga bernama Abdul Rohim (30) warga Dusun Pandean, Desa/Kecamatan Nguling.

Pria itu tewas setelah tertimpa pohon randu berukuran besar saat melintas di jalan Desa Tambakrejo, Kecamatan Tongas dengan mengendarai motor Beat bernopol N 3484 WX.


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter