Korban Banjir Madiun Jalani Pemeriksaan Kesehatan di Posko Pengungsian

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Mita Kusuma

Korban banjir di Madiuan diperiksa kesehatannya oleh tim medis di Posko Pengungsian

jatimnow.com - Ratusan korban banjir Madiun yang ditampung di posko pengungsian mendapatkan pengobatan, Kamis (7/3/2019) pagi. Tim medis yang siaga di posko mulai memeriksa satu persatu pengungsi di Posko Kesehatan Kecamatan Balerejo.

Pantauan jatimnow.com di lapangan, tidak hanya pengungsi lansia saja yang diperiksa kesehatannya, tapi sejumlah balita dan orang dewasa diperiksa.

"Dari tadi malam sampai pagi ini sudah banyak pengungsi yang memeriksakan diri ke posko kesehatan," kata salah satu perawat, Lina Rustandi di lokasi.

Baca juga:  Banjir di Madiun Meluas, 35 Desa di 8 Kecamatan Terendam

Lina menambahkan, sampai hari ini ada 113 pengungsi yang sudah diperiksa kesehatannya. Dari hasil pemeriksaan, paling dominan adalah kecapekan, hipertensi, batuk pilek dan diare.

"Dominannya memang pegal-pegal, untuk lansia sekkitar 57 orang," tambah perawat asal RSUD Dolopo ini.

Selanjutnya, hipertensi ada 36 orang, batuk pilek 19 orang dan diare 1 orang. Sedangkan untuk ketersediaan obat, Lina mengaku sudah lebih dari cukup.

Diketahui, banjir di Kabupaten Madiun terus meluas. Air banjir merendam 8 kecamatan pada Rabu (6/3/2019) kemarin yaitu Pilangkenceng, Balerejo, Saradan, Mejayan, Wungu, Wonoasri, Sawahan dan Madiun.

Di Kecamatan Madiun ada 8 desa terdampak yaitu Desa Dampelan, Sendangrejo, Sumberejo, Tanjungrejo, Banjarsari, Tulungrejo, Nglames, Betak. Di Kecamatan Saradan, 5 desa yang terdampak antara lain Desa Klumutan, Sukorejo, Sugihwaras, Bener, Bongsopotro.

Untuk di Kecamatan Pilangkenceng, ada 7 desa terdampak, yakni Desa Purworejo, Kedungrejo, Wonoayu, Bulu, Pulerejo, Ngengor, Kedungmaron. Sedangkan di Kecamatan Balerejo, 11 desa terdampak yaitu Desa sogo, Warurejo, Garon, Pecinan, Jerukgulung, Glonggong, Sumber Bening, Tapelan, Babadan Lor, Kuwu, Balerejo.

Sedangkan di Kecamatan Sawahan, hanya ladang pertanian yang terdampak. Kecamatan Mejayan yang terdampak yaitu Desa Ngampel. Kecamatan Wungu ada 2 desa terdampak yaitu Desa Tempursari dan Mojorayung serta di Kecamatan Wonoasri hanya Desa Buduran saja yang terendam.


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter