Ini Langkah Kreatif PKK Ponorogo Bantu Kebutuhan Keluarga

Editor: Arif Ardianto / Reporter: Advertorial

Istri Bupati Ponorogo melihat kolam ikan warga

jatimnow.com - Tim Penggerak PKK Kabupaten Ponorogo punya cara jitu untuk mebantu kebutuhan hidup dengan memanfaatkan lahan di depan rumah. Dengan program rumah pangan lestari (RPL). Halaman rumah bisa dimanfaatkan untuk menanam berbagai bahan dapur untuk ibu-ibu.

Ketua TP PKK Sri Wahyuni Ipong Muchlissoni Jumat (8/3/2019) sore melihat langsung betapa bermanfaatnya program tersebut di Desa Kutu Wetan, Kecamtan Jetis. Ia mengaku takjub dengan 'meriahnya' rumah Kades Kutu Wetan.

Kelompok Wanita Tani Poh Sari (bagian dari PKK Kutu Wetan) sebagai tempat RPL. Disana, ditanami bahan dapur seperti cabai rawit hingga daun pre. Menurut Wahyuni, RPL di Kutu Wetan patut menjadi contoh PKK desa dan kelurahan lain.



Istri Bupati Ponorogo tersebut menyuntik semangat ibu-ibu PKK setempat untuk memacu kreatifitas dan inovasi mereka.

"Ibu bisa lebih mengirit pengeluaran keluarga, karena beberapa kebutuhan bisa didapat dari halaman rumah sendiri," kata Sri wahyuni.

Sri Wahyuni juga berpesan agar halaman rumah warga tidak disemen. Dibiarkan tanah saja supaya bisa ditanami berbagai tanaman kebutuhan keluarga.

"Kalau waktunya panen padi, ganti dimanfaatkan untuk menjemur padi," jelasnya.

Perempuan yang akrab disapa Bu Ipong itu juga mengapresiasi kegigihan PKK Kutu Wetan dalam mengembangkan ekonomi kreatif warganya. Pasalnya selain dimanfaatkan untuk RPL, halaman rumah juga dimanfaatkan untuk membudidayakan ikan lele.

Di sela berbagai kesibukan tersebut, ibu-ibu PKK Kutu Wetan juga menerlurkan berbagai produk kreatif seperti tas anyaman. Serta, berbagai olahan kuliner berbahan lele seperti nugget lele.



"Ini sangat inovatif, bisa membuat berbagai produk seperti itu. Mungkin, ibu juga bisa membuat peyek berbahan lele," katanya.

Wahyuni percaya, RPL dan produk kreatif yang dikembangkan PKK Kutu Wetan dapat menjelma menjadi pintu menuju kesejahteraan bagi keluarga. Dia meyakini jika berbagai inovasi tersebut bisa mengantarkan PKK Kutu Wetan untuk meraih berprestasi.

"Saya yakin PKK Kutu Wetan bisa berprestasi, berkat berbagai inovasi yang dibuat oleh mereka. Ini harus menjadi contoh bagi PKK desa maupun kelurahan lain," pungkasnya.


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter