Subhanallah! Gunung Lawu 'Bertopi' Awan Aneh

Editor: Arif Ardianto / Reporter: Farizal Tito

Cincin awan di atas Gunung Lawu/ Foto: Istimewa

jatimnow.com - Beredar foto fenomena awan tebal menyerupai topi di Gunung Lawu, Magetan. Foto itu beredar luas di media sosial Facebook (FB), Jumat (8/3/2019) sore.

Salah satunya yaitu postingan facebook bernama Khoirul yang diberi judul 'Gunung Lawu sore tadi sekitar jam 17.00 wib' yang dipostingnya pada grup Facebook Info Seputar Klaten (ISK) 8 Maret 2019 malam sekitar pukul 22.20 Wib.

Dalam postingan Khoirul itu sontak mengundang komentar dan juga mendapatkan 532 like atau suka, 25 komentar dan 6 kali telah dibagikan. Anggota grup dengan akun bernama Roni Setya Wiguna  juga memberikan komentar Gunung Lawu etan kae lho. Sementara akun bernama Karuhunwane memberikan komentar nama tempat Slogohimo.

"Itu awan lenticular/awan caping..itu wajar lurr ..
menandakan kalo d puncak sedang terjadi badai," tulis Ria Riyooll menerangkan nama awan tersebut.

Sementara itu, fenomena awan serupa pernah terjadi di atas Gunung Kawi tepat di Dusun Bumirejo, Desa Kebobang, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Malang. Awan itu muncul sejak Sabtu (26/1/2019) lalu.

Kepala BMKG Stasiun Karangploso Malang, Amirudin Al Roniri mengatakan fenomena awanitu biasa disebut Awan Lentikularis. Fenomena itu disebutnya sebagai peristiwa yang wajar dan lumrah.

"Awan ini terjadi akibat adanya gelombang gunung atau angin lapisan atas atau di atas permukaan yang cukup kuat dari suatu sisi gunung," bebernya.

Menurutnya, awan tersebut terbentuk karena adanya turbulensi di sisi gunung setelah membentur dinding pegunungan sehingga terjadilah fenomena tersebut.

"Turbulensi ini mengakibatkan awan-awan bertingkat yang berputar seperti lensa," bebernya.


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter