Tari Gandrung Banyuwangi Mendunia, Tampil di Pameran Wisata Jerman

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Hafiluddin Ahmad

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya berfoto di samping bus ber-branding Gandrung Banyuwangi di Berlin, Jerman

jatimnow.com - Setelah sempat menghiasi sejumlah bus di Amerika Serikat dan Rusia, foto-foto Penari Gandrung Banyuwangi kembali mewarnai tampilan dinding sejumlah bus di Jerman.

Penampakan para Penari Gandrung telukis pada sebuah bus itu terlihat dari foto yang diunggah Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya di akun media sosial pribadinya.

Dalam foto itu, tampak Menpar Arief Yahya bergaya di dalam bus yang sudah di-branding destinasi wisata Indonesia. Momen itu terjadi sebelum pameran pariwisata terbesar dunia, Internationale Tourismus-Borse (ITB) Berlin 2019 digelar.

Bus-bus yang berkeliling ke semua tempat ikonik di Ibu Kota Jerman tersebut sudah di-branding keindahan alam dan budaya Indonesia, salah satunya foto Gandrung Banyuwangi.

"Saya bangga dan terharu sekali ada foto Gandrung di bus-bus di Berlin, Jerman. Pak Arief Yahya mengirimkan foto itu via WhatsApp ke saya," ujar Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, Kamis (8/3/2019).

Anas menjelaskan, ikhtiar Banyuwangi menjadi destinasi wisata unggulan di Indonesia tidak terlepas dari dukungan Kemenpar. Untuk itu, persiapan dan percepatan infrastruktur pendukung destinasi wisata di Banyuwangi juga terus dilakukan.

"Kami sangat berterima kasih kepada Kemenpar yang terus mendukung pengembangan pariwisata Banyuwangi. Lewat branding Banyuwangi di Luar Negeri seperti itu, kami berharap bisa mendatangkan turis Eropa ke Banyuwangi," tambah Anas.

Dari rilis yang diterima pemkab, Menpar mengatakan, langkah ini bagian dari promosi gencar Indonesia untuk mencuri perhatian pada pameran promosi wisata terbesar di dunia. ITB Berlin 2019 ini dihadiri pelaku industri wisata dari 180 negara di 5 benua dengan 1.000 top buyers berkualitas, 10.000 peserta pameran dan 160.000 pengunjung.

"Ini saya sebut menjemput momentum. Timing yang pas, saat pelaku industri pariwisata, buyers, investor sedang berkumpul di Berlin. Lewat branding Wonderful Indonesia, kita promosikan beragam destinasi unggulan Indonesia untuk menggaet turis Eropa dan dunia," kata Menpar Arief.

Menpar mengaku optimis langkah ini akan menjadi cara efektif untuk mengerek kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia.

"Bus-bus pariwisata ini adalah sarana transportasi mereka untuk sight seeing keliling Kota Berlin. Jadi branding seperti ini sangat efektif karena akan dilihat banyak orang, baik peserta ITB, wisatawan, maupun penduduk Berlin sendiri," tambahnya.

Bus-bus tersebut melewati Check Point Charlie, Tauentzienstrabe, Lustgarten, East Side Gallery, Strausberger Platz, Mauerpark, Hauptbahnhof, Brandenburg Tor serta Siegessaule.

"Itu adalah titik-titik ikonik tempat berkumpulnya wisatawan. Bus-bus dengan desain destinasi wisata Indonesia itu akan menjadi objek foto-foto dan viral di media sosial," jelas Menpar Arief.

Menpar Arief juga sempat keliling kota untuk merasakan desain-desain bus itu. Hasilnya?

"Bagus, impresif. Lihat foto-fotonya deh, banyak orang yang selfie dengan background bus itu," ungkap Menpar Arief saat turun di depan Brandenburg Tor dan Tiergarten.

Cara ini sudah beberapa kali dilakukan oleh Kemenpar. Branding bus di mancanegara pernah dilakukan saat perhelatan EURO Cup 2016 di Prancis, World Cup 2018 di di Moskow dan Saint Petersburg, Rusia.


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter