Banjir Rendam Dua Desa di Magetan, BPBD: Kerugian Hampir Rp 1 Miliar

Editor: Sandhi Nurhartanto / Reporter: Mita Kusuma

Banjir di Magetan

jatimnow.com – Banjir yang melanda dua desa yaitu Desa Jajar dan Desa Nggelang, Kecamatan Kartoharjo menyebabkan kerugian hampir Rp 1 miliar.

"Kalau kerugian total akibat banjir di dua desa kemarin sampai Rp 900 juta lebih. Tepatnya Rp 985.5 juta," kata Kasie Kedaruratan dan Logistik BPBD Magetan, Ferry Yoga Saputra, Senin (11/3/2019).

Ferry merinci kerugian meliputi di Desa Nggelang. Di desa itu, puluhan hektar padi siap panen terendam banjir dengan kerugian mencapai Rp 105 juta, peralatan pertanian Rp 13 juta, infrastruktur jalan desa sepanjang 2200 meter mencapai Rp 484 juta.

"Di Desa Nggelang saja sudah Rp 602 juta," kata Ferry kepada jatimnow.com melalui sambungan telepon.

Sedangkan di Desa Jajar lebih sedikit kerugian yang diderita. Untuk persawahan jumlah kerugian sekitar Rp 70 juta, peralatan pertanian Rp 10.5 juta, ternak Rp 3 juta dan kerusakan jalan desa Rp 300 juta.

"Kalau di Desa Jajar kerugiannya sebesar Rp 383.5 juta," ujarnya.

Untuk mengganti kerugian tersebut, Ferry mengaku belum mengetahui memakai dana apa. Saat ini, taksiran kerugian masih dilaporkan ke Bupati Magetan, Suprawoto.

"Masih kami laporkan. Nanti teknis dan lain-lainnya pasti akan dibahas," jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, kedua desa yaitu Desa Jajar dan Desa Nggelang mengalami kebanjiran dengan ketinggian air mencapai 1 meter. Banjir tersebut mengakibatkan puluhan warga terpaksa diungsikan sejak, Kamis (7/3) lalu.

Banjir yang menerjang Desa Jajar disebabkan luapan sungai desa setempat atau Sungai Ulo. Sedangkan banjir di Desa Nggelang akibat luapan Sungai Bengawan Madiun.

Dari dua desa yang terkena dampak banjir, ada 494 rumah dan 1.694 jiwa. Dengan rincian 769 jiwa dan 210 rumah di Desa Jajar, sementara 925 jiwa dan 284 rumah di Desa Ngelang.

 

 


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter