jatimnow.com

Selamatkan Korban Banjir di Tol Ngawi, Aiptu Sujadi: Saya Terpanggil

Editor : Arif Ardianto Reporter : Arry Saputra
Pemberian penghargaan Kapolda Jatim kepada Aiptu Sujadi 🔍
Pemberian penghargaan Kapolda Jatim kepada Aiptu Sujadi

jatimnow.com - Setelah mendapatkan penghargaan dari pimpinan tertinggi Polri di Jawa Timur, anggota Satlantas Polres Kediri Aiptu Sujadi mengucapkan rasa terima kasihnya terhadap Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan.

Sujadi mengatakan bahwa penghargaan yang ia terima itu untuk pendorong semangat dirinya sebagai Polri yang melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada pimpinan Polri tertinggi Jatim yang telah memberikan reward atau apresiasi. Ini sebagai pendorong semangat kita sebagai Polri untuk melindungi mengayomi dan melayani masyarakat," ungkapnya saat di Mapolda Jatim, Senin (11/3/2019).

Ia menyebut bahwa apa yang dilakukannya itu merupakan panggilan hatinya sebagai masyarakat yang berprofesi sebagai polisi untuk menolong warganya. Apabila korban yang terbawa arus saat di Tol Ngawi itu tidak di tolong tidak akan tahu nasibnya seperti apa.

"Jadi pertama itu saya sendiri pribadi sebagai anggota polisi terpanggil hati saya untuk menolong. Apabila sampai terlambat keluarga korban tenggelam dan bisa meninggal," tuturnya.

Sujadi pun menceritakan kejadian saat dirinya menolong korban tersebut. Ia mengatakan bahwa saat melintas di Tol Ngawi melihat satu keluarga yang tengah berteriak meminta tolong untuk diselamatkan karena terbawa arus.

"Laju kendaraan saya pelankan karena di depan ada mobil berhenti. Dan saat itu saya mendengar suara minta tolong dari lokasi banjir, saya melihat ada dua orang yang masing-masing membawa anak kecil usia sekitar 3 tahun dan 5 tahun dan saat itu ada seorang laki-laki yang berusaha ingin menolong dengan mengulurkan sebatang kayu karena tidak bisa berenang," kenangnya.

Tanpa berpikir panjang, lanjut Sujadi, ia berenang ke lokasi banjir untuk menyelamatkan keluarga tersebut dan mengambil mengambil anak-anak yang dibopong orang tuanya untuk segera saya evakuasi ke tempat yang aman.

"Kita waktu itu dari Ngawi pulang ke Kediri, setelah naik di tepi jalan kita beri pertolongan seadanya kita beri selimut jaket dan makanan mau saya bawa Polsek terdekat ternyata di jarak 400 meter dengan lokasi ada titik evakuasi, dan ada tim SAR juga," lanjutnya.

Dengan kejadian itu, Sujadi berpesan kepada semua rekan-rekan anggota Polri untuk bisa lebih maju dalam melayani melindungi dan mengayomi masyarakat. Apabila terjadi kejadian serupa dengan sigap memberikan pertolongan.

"Saya berpesan kepada rekan-rekan anggota semua di wilayah khususnya Jatim supaya kita lebih maju lagi dalam melayani, melindungi dan mengayomi masyarakat. Bisa lebih dicintai masyarakat, selalu berinteraksi dengan masyarakat, berkomunikasi sehingga menimbulkan suasana yang kondusif di wilayahnya masing masing," tutupnya.