Usir Hama Wereng, Petani di Mojokerto Tanam Bunga Refugia

Editor: Sandhi Nurhartanto / Reporter: Achmad Supriyadi

Tanaman bunga yang ditanam di sawah

jatimnow.com - Cegah hama wereng menyerang padi, Kelompok Tani 'Sumber Tani Satu' Desa Sadar Tengah, Kecamatan Mojoanyar, Kabupaten Mojokerto menanam berbagai jenis bunga di sekitar sawah. Jenis bunga yang ditanam adalah refugia, kenikir, bunga matahari, dan bunga pacar.

Anggota Kelompok Tani Sumber Tani Satu, Suyono mengatakan penanaman bunga di sekitar sawah berawal dari penyuluhan Dinas Pertanian agar banyak menanam bunga di sekitar sawah.

"Bunga itu kan mengandung madu, otomatis banyak tawon yang menghampiri bunga dan memakan atau mengambil ulat kecil, wereng dan hama lain yang mengganggu padi dibawa pulang ke rumah tawon," katanya, saat ditemui di rumahnya, Selasa (12/3/2019).

Selain itu, bunga-bunga yang ada ditanam ini mengurangi pemakaian pestisida untuk mencegah hama. Tanaman refugia ini biasanya dijadikan rumah dari beberapa serangga yang menjadi musuh hama.

"Alhamdulillah setelah satu tahun ditanam, hasil panen terakhir bagus dan melebihi dari hasil panen sebelumnya," ujarnya.

Bunga-bunga tersebut disiram dua kali sehari setiap pagi, sore atau malam. Kelompok tani itu juga merawat dengan memberikan pupuk kompos. Bunga-bunga yang berwarna merah, putih, kuning yang tertata rapi di pinggir persawahan itu menarik perhatian warga.

"Tapi ternyata bunganya tumbuh dibuat selfie oleh warga yang melintas. Setiap minggu banyak orang yang foto-foto di area bunga-bunga itu," ujarnya.

Suyono berharap, bagi orang dan anak-anak yang foto di bunga-bunga itu agar tidak merusak sehingga membuat mati bunga yang digunakan untuk mengusir hama tersebut.

"Ya kami harap bunga-bunga yang dipakai untuk mengusir hama itu tidak dipetik sehingga mati," tandasnya.

 


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter