Tak Hanya Kiamat, Ini Doktrin Lain yang Bikin Warga Ponorogo Pindah

Editor: Arif Ardianto / Reporter: Mita Kusuma

Padepokan Gunung Pengging di Ponorogo

jatimnow.com - Doktrin tentang isu kiamat ternyata bukan satu-satunya yang membuat 16 kk yang berjumlah 52 orang warga Desa Watubonang,  Kecamatan Badegan, Kabupaten Ponorogo pindah massal ke Malang.

"Ada doktrin lain. Tidak hanya tentang doktrin kiamat," kata Camat Badegan, Rinngga Irawan, Rabu (13/3/2019) kepada jatimnow.com.

Ia mengatakan, berdasar hasil penggalian informasi pihak kecamatan, perkumpumpulan tersebut juga meyakini doktrin lain, yakni  akan terjadi huru hara saat Ramadhan, ada kemarau panjang selama 3 tahun.

Ia menjelaskan, banyak warga yang terpengaruh doktrin tersebut. Mereka rela menjual semua aset dan pergi ke Malang dengan alasan mondok atau berguru ilmu agama.

"Saat ini jemaah di Watubonang ada sekitar 200 orang. Tapi tidak semua mau pergi ke Malang, ada yang masih bertahan di sini," imbuhnya.

Perangkat pemerintahan setempat telah memberikan pemahaman atau menetralkan pemikiran anggota padepokan yang lain agar tidak terpengaruh pindah massal.

"Yang belum berangkat kami lakukan pemahaman," bebernya.

52 orang tersebut tergabung dalam kelompok pengajian yang diberi nama Padepokan Gunung Pengging.

Tercatat 52 warga terdiri dari 23 perempuan dan 29 laki-laki, sembilan diantaranya anak-anak.


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter